[FAKTA] - KIOS UMKM DI SEJUMLAH TITIK DI KORIDOR JALAN UTAMA JAKARTA

Share :        
Selasa, 16 Feb 2021

Beredar sebuah informasi pada akun Facebook Tempo Media yang menginformasikan bahwa Pemprov DKI Jakarta menyediakan kios UMKM di sejumlah titik di koridor jalan utama Jakarta. Selain menyediakan kios UMKM, Pemprov DKI Jakarta juga menjual barang UMKM hasil produksi sendiri. Disebutkan pula bahwa program ini berfungsi sebagai penyalur informasi pariwisata Jakarta. 

[HASIL PENELUSURAN]

Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta (16/02/2021), diperoleh informasi bahwa informasi tersebut adalah benar.

"Betul, itu adalah kios Jakpreneur. Jadi, program ini untuk UMKM binaan yang sudah tergabung dalam platform Jakpreneur," kata staf Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta saat dihubungi Tim JalaHoaks.

"Selanjutnya, siapa yg mengisi? Yang mengisi adalah UMKM Jakpreneur yang dikurasi oleh Tim Kurasi Dinas PPKUKM dan kolaborator seperti Baznas, Jaktour dan Pasar Jaya," lanjut staf Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, dalam akun Instagram Jakpreneur @jakpreneur (09/02/2021), juga telah dipublikasikan lokasi kios-kios Jakpreneur dalam bentuk infografis.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan bahwa Pemprov. DKI Jakarta menyediakan kios UMKM di sejumlah titik di koridor jalan utama Jakarta adalah benar. Faktanya, program tersebut diperuntukkan bagi UMKM binaan yang sudah tergabung dalam platform Jakpreneur. 

Sumber fakta hasil penelusuran:

1. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta

2. https://www.instagram.com/p/CLCGiKkJsQv/?igshid=xq5oq3r4fwuu

3. https://www.instagram.com/tv/CLJoFKlpC_N/?igshid=93zbxerkej44