[FAKTA] - PEMEGANG KIS DAPAT BANTUAN PEMERINTAH SEJUMLAH TOTAL RP.1,2 JUTA PADA JANUARI S.D APRIL 2021

Share :        
Senin, 01 Feb 2021

Beredar informasi di media sosial bahwa pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pada Januari – April 2021 sejumlah total Rp. 1,2 Juta.

[HASIL PENELUSURAN]
Berdasarkan hasil penelusuran, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah kembali mengucurkan program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp. 300 ribu/ bulan yang akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia (Persero) selama 4 bulan, yakni dari Januari sampai dengan April 2021.

Dilansir dari finance.detik.com (23/01/2021), program BST dengan anggaran Rp 13,93 triliun itu menyasar 10 juta keluarga penerima manfaat. Masyarakat bisa mengecek BST melalui website resmi https://dtks.kemensos.go.id, dengan menggunakan identitas kepesertaan yang dimiliki dan masih berlaku.

Adapun identitas kepesertaan yang bisa digunakan untuk login pada website https://dtks.kemensos.go.id, sebagai berikut:
1. Nomor Induk Kependuduk (NIK)  yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Kartu Keluarga (KK);
2. Nomor indentitas yang diperoleh saat warga terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang disebut Basis Data Terpadu (BDT); dan
3. Nomor ID pada program Penerima Bantuan Iuran (PBI) KIS.

Jika satu dari tiga identitas tersebut ada, calon penerima BST bisa langsung login pada website https://dtks.kemensos.go.id untuk cek bansos.

Sedangkan bagi masyarakat yang datanya tidak terdaftar dalam DTKS, bisa mendapatkan BST dengan usulan daerah. Dengan program BST ini diharapkan bisa mengembalikan daya beli dan produktivitas masyarakat selama pandemi Covid-19.

KESIMPULAN
Informasi bahwa pemegang KIS akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pada Januari – April 2021 sejumlah total Rp. 1,2 Juta, dapat diverifikasi benar. Faktanya, masyarakat bisa mengecek BST melalui website resmi https://dtks.kemensos.go.id, dengan menggunakan identitas kepesertaan yang dimiliki dan masih berlaku.

Daftar url/ link fakta hasil penelusuran:
1. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5345205/cara-pakai-kis-buat-cek-bansos-rp-300-ribu
2. https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-141350345/anda-pemilik-kartu-indonesia-sehat-kis-begini-cara-dapat-bantuan-rp300-ribu-dari-pemerintah?page=2
3. https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361334112/buat-kartu-kis-untuk-dapat-bst-rp300-ribu-dari-kemensos-ini-dia-syarat-dan-caranya