[HOAKS] - 600 PELAJAR CHINA DISUNTIK VAKSIN KOSONG DI JAKARTA

Share :        
Selasa, 19 Okt 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial informasi yang menyebutkan bahwa ada sekitar 600 pelajar China disuntik vaksin kosong di Jakarta.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman kompas.com (19/10/2021) kejadian penyuntikan vaksin seperti dalam unggahan tersebut bukan terjadi di Jakarta.  

Video dalam unggahan tersebut sama seperti postingan di situs dailymotion berikut ini.  Disebutkan dalam berita Malay Mail, Kemenkes Malaysia memberikan klarifikasi video viral jarum suntik kosong vaksinasi Covid-19 di UM untuk remaja.  

"Seorang petugas medis yang salah mengambil jarum suntik kosong untuk memberikan vaksin Covid-19 terekam dalam video yang beredar luas di media sosial. Video melalui media sosial," tulis unggahan tersebut.  Mengutip MalayMail, Sabtu (2/10/2021),

Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Dr Noor Azmi Ghazali mengatakan bahwa kejadian yang terekam dalam video berlokasi di pusat vaksinasi Universiti Malaya pada 30 September 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Ia mengatakan, petugas vaksin yang terekam oleh video memang melakukan kesalahan.

“Setelah menunjukkan jarum suntik yang diisi, petugas medis melanjutkan untuk meletakkannya di atas meja, sehingga dia bisa mendisinfeksi bahu remaja itu," ujar Dr Noor Azmi. "Namun, dia secara tidak sengaja mengambil jarum suntik kosong dan memberikan suntikan dari itu," lanjut dia.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan bahwa ada sekitar 600 pelajar China disuntik vaksin kosong di Jakarta adalah tidak benar. Faktanya, kejadian penyuntikan vaksin seperti dalam unggahan tersebut bukan terjadi di Jakarta melainkan di Malaysia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/19/073000565/-hoaks-600-pelajar-china-disuntik-vaksin-di-dki-jakarta?page=all

2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ZkeEgPOk-cek-fakta-benarkah-ini-video-vaksinasi-dengan-suntik-kosong-di-sekolah-tiongkok-jakarta-simak-faktanya

3. https://www.malaymail.com/videos

4. https://www.dailymotion.com/video/x84lcbk