[HOAKS] - AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA BEM-SI 28 MARET 2022 MENUNTUT PRESIDEN JOKOWI MUNDUR

Share :        
Kamis, 31 Mar 2022

DISINFORMASI

Beredar konten TikTok berupa tiga buah foto yang disunting menjadi satu video dan disertai klaim kondisi aksi demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks video TikTok hasil suntingan. Diketahui bahwa video tersebut menggabungkan dua foto yang tidak terkait dengan aksi demonstrasi BEM-SI pada tanggal 28 Maret 2022. 

Dari hasil penelusuran menggunakan teknik Reverse Image Search diketahui bahwa foto pertama dalam konten video tersebut berasal dari peristiwa demonstrasi buruh di Bandung pada 29 November 2021. 

Foto long march menggunakan spanduk itu digunakan sebagai salah satu foto pada artikel berjudul “Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Jabar Kepung Kantor Gubernur Ridwan Kamil, Tuntut Penyesuaian UMP/UMK/UMSK” yang tayang pada 29 November 2021 di ppmicentre.com. 

Lalu, foto kedua memang terkait demonstrasi BEM SI pada tanggal 28 Maret 2022. Ditemukan foto serupa yang dapat dilihat dalam artikel berjudul “KSP temui dan dengarkan aspirasi pedemo dari Aliansi BEM SI” yang tayang di antaranews.com pada 28 Maret 2022. 

Pada peristiwa demonstrasi itu, pihak BEM SI memang memberikan sejumlah tuntutan yang kemudian diberikan kepada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong sebagai perwakilan KSP yang menemui pihak BEM SI. Dilansir dari detik.com, pihak perwakilan KSP menyatakan akan mengkaji tuntutan BEM SI.

Sedangkan, untuk foto ketiga, yakni foto Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Malves) Luhut Binsar Panjaitan, yang terdapat dalam konten video TikTok tersebut diketahui berasal dari postingan akun Instagram Tantowi Yahya (@Tantowiyahyaofficial) pada 25 Maret 2022. Postingan itu diketahui tidak ada hubungannya dengan demonstrasi pada tanggal 28 Maret 2022.

KESIMPULAN

Konten video di TikTok yang dikatakan sebagai video aksi demonstrasi BEM SI pada 28 Maret 2022 merupakan hasil suntingan. Faktanya, dua foto yang ada dalam video itu tidak berhubungan dengan aksi demonstrasi BEM SI pada 28 Maret 2022.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)

Sumber Fakta:

1. https://ppmicentre.com/2021/11/29/aliansi-serikat-pekerja-serikat-buruh-jabar-kepung-kantor-gubernur-ridwan-kamil-tuntut-penyesuaian-ump-umk-umsk/

2. https://www.antaranews.com/berita/2787025/ksp-temui-dan-dengarkan-aspirasi-pedemo-dari-aliansi-bem-si

3.  https://news.detik.com/berita/d-6005115/temui-massa-ini-respons-perwakilan-ksp-soal-6-tuntutan-bem-si

4. https://www.instagram.com/p/CbhgxP8h-v6/