[HOAKS] - ATLET BULU TANGKIS ANTHONY GINTING MUNDUR DARI JAPAN OPEN 2022 KARENA COVID-19

Share :        
Selasa, 06 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar informasi di media sosial Twitter yang menyebut bahwa pebulu tangkis Anthony Ginting mundur dari turnamen Japan Open 2022 dikarenakan Covid19.

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa informasi mundurnya Ginting dari Japan Open 2022 karena terkena Covid19 adalah keliru.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui laman resmi pbsi.id (31/08/2022) mengonfirmasi bahwa pemain tunggal putra Indonesia,  Anthony Sinisuka Ginting mundur dari Japan Open 2022 dikarenakan cedera punggung.

Menurut dr. Grace Joselini Corlesa, dokter PBSI yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang, walau terus membaik, Ginting belum akan maksimal. Jadi keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini.

“Sampai kemarin ada progress membaik tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan resiko cederanya makin parah,” tutur Grace.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky turut mengkonfirmasi terkait penarikan keikutsertaan Ginting.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kita memutuskan untuk menariknya," ucap Rionny.

KESIMPULAN

Kabar yang menyebut bahwa Anthony Ginting mundur dari turnamen Japan Open 2022 dikarenakan Covid19 adalah salah. Faktanya, Ginting mundur dari turnamen tersebut dikarenakan cedera punggung dan harus menjalani perawatan agar tidak memperparah resiko cedera.


Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://pbsi.id/2022/08/31/japan-open-2022-cedera-punggung-ginting-mundur/

2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/01/142200582/-hoaks-anthony-ginting-terkena-covid-19?page=all

3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-anthony-ginting-mundur-dari-japan-open-2022-karena-covid-19.html