[HOAKS] - AIR REBUSAN BELIMBING WULUH DAPAT MENCEGAH COVID-19

Share :        
Senin, 08 Feb 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial seorang wanita yang menyebut dirinya mempunyai resep dan klaim bahwa belimbing wuluh merupakan pencegahan terbaik Covid-19 dengan cara direbus lalu diminum hangat-hangat dan dikumur-kumur di tenggorokan sebelum diminum.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com (04/02/2021) diketahui bahwa Ahli Gizi KONI DKI Jakarta sekaligus APKI Approved Educator, Irtya Qiyamulail, menyebut bahwa klaim dalam video tidak benar.

"Belum ada penelitian yang menyebutkan satu makanan tertentu bisa menyembuhkan atau mencegah kita tertular virus corona covid-19, termasuk air rebusan belimbing wuluh ini. Belimbing wuluh sebenarnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi namun metode perebusan justru membuat kandungannya berkurang," kata Irtya saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (4/2/2021).

"Jadi kalau diklaim bisa mencegah atau mengobati covid-19 tidak benar, apalagi cuma mengandalkan satu minuman atau makan tertentu saja. Asam dari belimbing juga tidak bisa dikonsumsi semua orang terutama yang sedang sakit radang usus atau batu ginjal," ujarnya menambahkan.

Irtya menjelaskan cara satu-satunya untuk mencegah covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dr. RA Adaninggar, SP.PD. mengatakan bahwa "Sebagian besar penderita covid-19 terutama yang gejala ringan bisa sembuh tanpa obat-obatan atau minuman tertentu karena sistem imun yang relatif baik."

Selain itu, telah diklarifikasi melalui website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (05/02/2021) tentang klaim bahwa air  rebusan belimbing wuluh sembuhkan Covid-19, adalah hoaks.

KESIMPULAN

Informasi tentang klaim bahwa air rebusan belimbing wuluh sembuhkan Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, menurut Ahli Gizi KONI DKI Jakarta sekaligus APKI Approved Educator, Irtya Qiyamulail, belum ada penelitian yang menyebutkan satu makanan tertentu bisa menyembuhkan atau mencegah kita tertular virus corona covid-19, termasuk air rebusan belimbing wuluh.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Kontek/ Informasi Sesat (Misleading Content)

SUMBER FAKTA:

1. https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/4475275/cek-fakta-tidak-benar-air-rebusan-belimbing-bisa-cegah-dan-sembuhkan-covid-19
2. https://kominfo.go.id/content/detail/32580/hoaks-air-rebusan-belimbing-bisa-cegah-dan-sembuhkan-covid-19/0/laporan_isu_hoaks
3. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-video-air-rebusan-belimbing-wuluh-dapat-mencegah-dan-menyembuhkan-covid-19