[HOAKS] - AIR REBUSAN TEMBAKAU ROKOK AMPUH MENGHAMBAT SPIKE PROTEIN VAKSIN COVID-19

Share :        
Selasa, 09 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa dengan meminum air tembakau yang berasal dari rokok bisa menghentikan lonjakan spike protein pada vaksin Covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Unggahan pada Facebook menyebut bahwa meminum air tembakau yang diambil dari rokok dapat menghentikan lonjakan spike protein akibat vaksin.

Dilansir dari liputan6.com (02/08/2022), Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlang Samoedro, Sp. P menyatakan bahwa klaim nikotin pada rokok dapat menghentikan protein di dalam tubuh tersebut hoaks.

"Hoaks," kata dr Erlang

Lebih lanjut, dr. Valda Garcia dalam artikel berjudul "Daftar Racun Berbahaya dan Mematikan dalam Rokok" yang dimuat situs klikdokter.com (21/12/2021) menyebutkan rokok mengandung ratusan bahkan ribuan zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebagian di antara zat tersebut diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker. Tak hanya itu, zat dalam rokok juga terbukti bisa memicu penyakit jantung, stroke, masalah pernapasan, gangguan penglihatan, dan kondisi fatal lainnya.

KESIMPULAN

Informasi bahwa menghentikan lonjakan spike protein akibat vaksin Covid-19 dapat menggunakan rokok adalah tidak benar. Faktanya, dalam sebatang rokok justru mengandung ratusan bahan kimia. Sebagian zat dalam rokok juga terbukti bisa memicu penyakit jantung dan kondisi fatal lainnya.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5031474/cek-fakta-tidak-benar-cara-hentikan-lonjakan-spike-protein-akibat-vaksin-dengan-rokok

2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698057/daftar-racun-berbahaya-dan-mematikan-dalam-rokok