[HOAKS] - AIR ZAM-ZAM DICEKAL IMIGRASI KARENA TERGOLONG RADIKAL

Share :        
Senin, 25 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan video di Twitter tentang penahanan barang yang diklaim berisi air zam-zam dilarang masuk Indonesia karena tergolong radikal.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut keliru. Dilansir dari antaranews.com, merujuk kepada aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi. Aturan yang dipublikasikan pada Juni 2022 itu menyebut, "Para penumpang pesawat dari bandara Arab Saudi harus menaati aturan tidak membawa paket air Zamzam di dalam bagasi." Larangan itu dilatarbelakangi risiko air yang dibawa jemaah berpotensi bocor atau pecah dan terkena kabel-kabel di dalam pesawat. 

Para petugas dari Indonesia yang berada di Arab Saudi melakukan antisipasi air Zamzam dibawa jemaah dengan memeriksa satu per satu bagasi jemaah sebelum dibawa ke bandara. Dilansir dari laman Kementerian Agama (Kemenag) di kemenag.go.id, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara Edayanti menyatakan bahwa pencegahan tersebut berdasarkan regulasi keamanan dari maskapai yang disesuaikan dengan aturan GACA.

"Itu berdasarkan regulasi keamanan dari maskapai. Sesuai aturan GACA, jemaah haji tidak boleh membawa air zamzam di dalam bagasi. Mereka akan terhimpit satu dengan yang lain, dan kemungkinan besar akan pecah lalu merembes, sehingga menyebabkan kabel-kabel di bawah pesawat akan terganggu," kata Edayanti.

Ditegaskan Eda, larangan membawa air zamzam di dalam bagasi tercatat bukan keinginan Kementrian Agama dan pemerintah. Namun juga tidak menyalahkan jamaah haji yang punya keinginan tinggi membawa air zamzam karena dianggap hadiah paling tinggi untuk dibawa ke tanah air. 

"Penerbangan kita itu cukup lama, kalau ke Jakarta saja butuh waktu kurang lebih 9 jam, ke Solo sekitar 10 jam, ke Makasar sampai 12 jam. Jadi ini berpotensi pecah dan merembes yang bisa membahayakan penerbangan. Kami tetap mengacu kepada aturan keselamatan dan keamanan penerbangan," tegasnya. 

Menurut Eda, kalau pun nanti di dalam pemeriksaan X-ray ternyata ada air zamzam yang lolos di dalam bagasi, maka nantinya di General Investigation Directorate (GID) akan tetap ditemukan.

"Kalau nanti dalam sampling antara 5 sampai 10 bagasi ternyata ditemukan air zamzam, maka satu truk itu akan dibawa lagi ke Airgate untuk dibersihkan kembali. Ini akan berakibat pada delay pesawat karena protap kami 12 jam sebelum terbang seluruh bagasi jamaah sudah diupload di dalam pesawat," ucapnya. 

Padahal, tegas Eda, air zamzam untuk jamaah haji Indonesia sudah disiapkan seberat 5 liter dan telah berada di asrama haji embarkasi. Sehingga jamaah tidak perlu repot-repot lagi membawa zamzam. Berbeda dengan negara lainnya yang tidak memfasilitasi pengiriman air zamzam nya," tutur Eda.

KESIMPULAN

Klaim video yang menyatakan bahwa air zam-zam tidak boleh dibawa ke Indonesia karena dianggap radikal adalah keliru. Faktanya, adanya pelarangan berasal dari Otoritas Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi yang dilatarbelakangi risiko air yang dibawa jemaah berpotensi bocor atau pecah dan terkena kabel-kabel di dalam pesawat, bukan karena dianggap radikal.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.antaranews.com/berita/3011221/hoaks-jemaah-haji-dilarang-bawa-air-zamzam-karena-dianggap-radikal

2. https://haji.kemenag.go.id/v4/membahayakan-penerbangan-jemaah-di-larangan-bawa-zamzam