[HOAKS] - AKIBAT DEPRESI, SEORANG PEMUDA MENGHAMBURKAN UANG RATUSAN JUTA RUPIAH DI JALAN RAYA

Share :        
Rabu, 11 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan kolase foto di Facebook yang diklaim sebagai peristiwa seorang pemuda menghamburkan uang sebesar Rp321 juta di jalan raya karena depresi karena ditinggal pacar selepas merantau ke Jepang.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari tempo.co, foto-foto dalam kolase foto di Facebook tersebut berasal dari sejumlah peristiwa berbeda di Kalimantan Timur pada 2016 dan Sumatera Barat pada 2018.

Foto yang memperlihatkan seorang petugas polisi tengah mengumpulkan uang kertas pecahan Rp50 ribu diketahui pernah dimuat dalam laman viva.co.id pada artikel berjudul “Polisi Kumpulkan Uang Rp40 Juta yang Disebar Perampok” yang tayang tanggal 11 April 2018. Dilansir dari viva.co.id tersebut Kepolisian Resort Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menyerahkan kembali uang Rp40 juta yang dirampok oleh empat pelaku yang sebelumnya berhasil diringkus di Kota Sawahlunto. Uang rampasan pelaku yang sempat disebar di jalan raya dikembalikan kepada korban atas nama Fani Hafiz (30).

Sebelum diserahkan kepada korban, polisi harus berjibaku memburu dan mengadang para pelaku yang berusaha melarikan diri. Selain itu, polisi juga harus berusaha keras mengumpulkan kembali uang rampokan di sejumlah titik jalan raya. Salah satu pelaku sengaja menyebar uang rampokan untuk menghilangkan barang bukti.

"Uang senilai Rp40 juta yang sempat dirampok para pelaku, berhasil kita amankan. Semuanya utuh dan nilainya sama. Kemarin siang, sudah kita serahkan kembali kepada korban," kata Kapolres Sawahlunto AKBP Zamroni Wibowo, Rabu, 11 April 2018.

Lalu, foto yang memperlihatkan pria berpakaian dinas Pegawai Negeri Sipil tengah memunguti uang yang berserakan di jalanan pernah dimuat situs berita jpnn.com pada 19 Oktober 2016 dengan judul, “Lihat! Uang Berhamburan di Jalan, tak Jelas Pemiliknya.” Dilansir dari pemberitaan jpnn.com tersebut, kehebohan terjadi di Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kaltim, kemarin (18/10). Uang sejumlah Rp 86,2 juta berhamburan di jalan poros Paser-Batulicin (Kalsel), pukul 14.00 Wita. Tidak jauh dari kantor Kecamatan Pasir Belengkong.  Kejadian tersebut pertama kali disaksikan seorang PNS sekretariat DPRD Paser bernama Finandar Astaman. 

Dijelaskan Finandar, saat asyik menyantap es kelapa muda, seorang pria berkendara roda dua melintas.  Tiba-tiba, segepok uang pecahan Rp 50 ribu terjatuh dari motor yang dikendarai pria tersebut. 

Namun, dia belum bisa memastikan bahwa pria tersebut sengaja atau tidak menjatuhkan uang tersebut. “Saya dan warga sekitar sempat meneriaki, tapi pria itu tidak mendengar atau sengaja saya kurang paham. Tapi, ada salah seorang warga yang mengatakan bahwa pria itu sadar kalau uangnya jatuh dari tas,” ujar pria berbadan tambun itu kepada Kaltim Post, kemarin.

Melihat uang berhamburan, Kassubag Humas dan Protokoler DPRD Paser itu langsung meminta warga agar tidak ada yang mengambil satu sen pun.

KESIMPULAN

Kolase foto yang tersebar di Facebook dan diklaim sebagai kejadian seorang pemuda depresi dengan menghamburkan Rp321 juta ke jalan raya adalah tidak benar. Faktanya, kolase foto itu berasal dari beberapa peristiwa yang tidak saling terkait satu dengan lainnya. Peristiwa itu terjadi di Kalimantan Timur pada 2016 dan Sumatera Barat pada 2018.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)

Sumber Fakta:

1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1709/keliru-seorang-pemuda-hambur-uang-rp-321-juta-di-jalanan-karena-depresi-ditinggal-pacar

2. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1025332-polisi-kumpulkan-uang-rp40-juta-yang-disebar-perampok?page=all&utm_medium=all-page

3. https://www.jpnn.com/news/lihat-uang-berhamburan-di-jalan-tak-jelas-pemiliknya