[HOAKS] - ALAT PENYEDOT SUMBATAN UNTUK PASIEN JANTUNG KORONER DI RSCM

Share :        
Rabu, 12 Jan 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan bahwa Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mempraktekkan teknik penyedotan plug (sumbatan) vena/saluran darah untuk mengatasi penyakit Jantung Koroner.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, telah dilaporkan dalam laman berita liputan6.com (24/09/2018) bahwa terdapat juga laman video di Youtube yang menggambarkan soal alat penyedot sumbatan ke jantung. Melalui sambungan telepon, Health Liputan6.com pada Senin (24/9/2018) mengkonfirmasi kebenaran adanya berita viral alat penyedot plug ke HOTLINE Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) RSCM.

Disampaikan isu tersebut termasuk isu lama, yang menyeruak kembali. Metode yang digunakan untuk penanganan sumbatan pada pasien jantung koroner sampai sekarang, yakni masih menggunakan metode ring atau bypass.

Adapun klarifikasi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terkait alat penyedot di RSCM telah dimuat pada Berita RSCM dalam website resmi milik RSCM rscm.co.id (09/01/2018) berjudul "KLARIFIKASI ALAT PENYEDOT SUMBATAN DI RSUPN DR. CIPTO MANGUNKUSUMO".

Dijelaskan bahwa alat penyedot sumbatan dalam video yang beredar memang ada. Namun, Kepala PJT RSCM Eka Ginanjar dalam rilisnya menjelaskan kurang mengetahui di mana alat penyedot sumbatan tersebut dapat ditemukan di Indonesia. 

KESIMPULAN

Informasi bahwa Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mempraktekkan teknik penyedotan plug untuk mengatasi penyakit jantung koroner, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, diketahui bahwa isu tersebut merupakan isu lama yang menyeruak kembali. Metode yang digunakan untuk penanganan sumbatan pada pasien jantung koroner sampai sekarang, masih menggunakan metode ring atau bypass.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Kategori Hoaks : Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.rscm.co.id/index.php?XP_webview_menu=0&pageid=183

2. https://m.liputan6.com/health/read/3650866/klarifikasi-berita-viral-alat-penyedot-sumbatan-untuk-pasien-jantung-koroner-di-rscm?

3. https://www.inews.id/amp/news/megapolitan/satpol-pp-dan-polisi-segel-klinik-kesehatan-jantung-abdi-medika-cikini