[HOAKS] - ALAT RAPID TEST ANTIGEN MENUNJUKKAN HASIL POSITIF COVID-19 SAAT DIBERIKAN AIR KERAN

Share :        
Senin, 26 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan seseorang sedang menguji coba alat rapid test antigen dengan cara meneteskan dengan air keran, kemudian diperoleh hasil positif Covid-19.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (22/04/2021) telah diklarifikasi bahwa informasi dalam video tersebut adalah hoaks.

Dilansir dari laman liputan6.com (22/04/2021), Ilmuwan Bioteknologi Universiti Putra Malaysia Assoc., Prof. Bimo A. Tejo Ph.D, menjelaskan bahwa hasil rapid test menjadi positif saat menggunakan air keran karena tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh pabrikan alat rapid tes tersebut.

Dalam video yang beredar, pengujian tidak memakai larutan penyangga (buffer) yang seharusnya dipakai saat menggunakan alat tersebut. Pembuat video hanya meneteskan air keran dan menunggu hasilnya dalam beberapa alat.

"Alat rapid test antigen sangat sensitif terhadap keasaman (pH) sampel yang digunakan. Oleh sebab itu sampel swab hidung harus dimasukkan ke dalam larutan penyangga (buffer) supaya keasamannya stabil di kisaran pH 7-8," jelas Prof. Bimo.

"Nilai pH Coca-Cola, sambal cireng, atau air keran yang digunakan beberapa orang untuk menguji alat rapid test antigen berada di luar nilai pH yang diizinkan. Nilai pH itu justru merusak alat rapid test antigennya," katanya menambahkan.

"PH sampel yang diambil dari hidung sekitar 5,6 sampai 7,4 sehingga kalau masuk buffer distabilkan menjadi sekitar 7-8. Intinya penggunaan alat rapid test antigen harus dilakukan sesuai instruksi."

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang alat rapid test antigen menunjukkan hasil positif Covid-19 saat diberikan air keran, adalah tidak benar. Faktanya, penggunaan alat tes swab antigen harus dilakukan sesuai petunjuk untuk dapat membuktikan hasil yang valid.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1.https://www.kominfo.go.id/content/detail/34079/hoaks-alat-rapid-test-antigen-menunjukkan-hasil-positif-saat-diteteskan-air-keran/0/laporan_isu_hoaks
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4539068/cek-fakta-alat-rapid-test-antigen-menunjukkan-hasil-positif-saat-diberikan-air-keran-simak-fakta-sebenarnya
3.      https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/21/201000665/-hoaks-tes-swab-antigen-pada-air-keran-menunjukkan-hasil-positif?page=all