[HOAKS] - ANAK-ANAK TIONGKOK DIPAKSA MENGGUNAKAN BAJU HAZMAT

Share :        
Jumat, 14 Jan 2022

DISINFORMASI

Beredar unggahan di Tiktok video anak-anak di China dengan menggunakan baju menyerupai baju hazmat. Dalam narasi yang tertera dalam video itu tertulis bahwa anak-anak tersebut dipaksa menggunakan baju hazmat.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jala Hoaks diketahui bahwa klaim anak-anak dalam video dipaksa menggunakan baju hazmat tidak benar. Diketahui bahwa video tersebut merupakan bagian dari parade anak-anak menggunakan baju astronot. 

Hal itu diketahui dari unggahan kanal Youtube CGTN berjudul Cuteness overload! Children in inflatable 'space suits' yang tayang pada 6 Desember 2021. Dalam video itu terdapat sekumpulan anak-anak berparade menggunakan kostum serupa dan disebutkan bahwa kostum tersebut merupakan kostum astronot. Diketahui pula bahwa parade tersebut diselenggarakan di sekolah yang ada di Kota Shangrao untuk memperingati Hari Olahraga Nasional pada 6 Desember 2021 lalu.

KESIMPULAN

Video TikTok yang diklaim sebagai anak-anak di China dipaksa menggunakan baju hazmat adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan bagian dari parade anak-anak menggunakan baju astronot pada Hari Olahraga Nasional pada 6 Desember 2021 di Kota Shangrao.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1.       https://www.reuters.com/article/factcheck-chinese-children-hazmat-suits-idUSL1N2TQ2F7

2.       https://youtu.be/yhKvAyZxYRA

3.       https://news.cgtn.com/news/2021-12-06/Cuteness-overload-Children-in-inflatable-space-suits--15LQqm7H7kQ/index.html

4.       https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-video-anak-anak-di-china-diwajibkan-pakai-baju-hazmat.html