[HOAKS] - ARTIKEL TENTANG VIRUS HANYA BISA DIKALAHKAN ANTIBODI OLEH DEKAN FMIPA IPB

Share :        
Senin, 13 Sep 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah artikel yang menginformasikan bahwa virus hanya bisa dikalahkan antibodi. Artikel tersebut mengatasnamakan Dr. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB).

PENJELASAN

Dalam Informasi Penting pada website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Institut Pertanian Bogor (IPB) ppid.ipb.ac.id (20/04/2020) berjudul "[INFORMASI PENTING] Dekan FMIPA IPB: yang viral itu bukan tulisan saya", telah dimuat diklarifikasi bahwa artikel yang beredar tentang virus hanya bisa dikalahkan oleh antibodi di dalam tubuh manusia adalah bukan tulisan dari Dr. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB). 

"Bukan saya yang menulisnya. Akibatnya, saya harus mengklarifikasi pertanyaan yang datang tertubi-tubi ke saya, bahwa itu bukan tulisan saya", jelas Dr. Ir. Hj. Sri Nurdiati. 

"Kalau dibaca ulang artikel itu, sekali lagi saya tegaskan bahwa sebenarnya isinya berupa informasi positif, dan karena sudah terlanjur viral dengan nama saya di dalamnya, maka di sini saya ingin melengkapi informasi yang diberikan dengan tips bagaimana cara menjaga hidup agar tetap sehat di musim pandemi COVID19."

Berikut ini adalah tips untuk membuat hati kita tetap nyaman. Pertama, cobalah berdamai dengan Sang Maha Pencipta. Caranya adalah dengan selalu berbaik sangka kepadaNya, mencoba ikhlas menerima semua ketentuanNya serta selalu bertaqwa dan bertawakal hanya kepadaNya. Berikutnya, cobalah berdamai dengan sesama manusia dan alam ciptaanNya. Jadilah pribadi yang berakhlak mulia. Jagalah kelestarian alam sekitar, jangan berbuat kerusakan dan terus berbuat baiklah untuk sesama.

Kemudian yang tidak kalah penting, cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Kita hanya bisa berdamai dengan diri sendiri, bila kita sudah mampu memaafkan, melupakan kekecewaan dan move on. Mudah-mudahan dengan tips sederhana ini, kita bisa menjaga hati kita agar tetap nyaman, sehingga mesin proteksi yang ada di dalam tubuh kita dapat bekerja secara maksimal.

Selain itu, dalam website resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 covid19.go.id (30/05/2020) telah diklarifikasi bahwa Dari DR. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan FMIPA IPB : “Banyak Yang Tidak Tahu: Ini Rahasia Imunitas Tubuh” adalah Salah. 

KESIMPULAN

Informasi tentang artikel yang menginformasikan bahwa virus hanya bisa dikalahkan antibodi dari Dr. Ir. Hj. Sri Nurdiati, Dekan FMIPA IPB adalah tidak benar. Faktanya, Dr. Ir. Hj. Sri Nurdiati telah membantah informasi tersebut. 

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://ppid.ipb.ac.id/informasi-penting-dekan-fmipa-ipb-yang-viral-itu-bukan-tulisan-saya/

2. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-dari-dr-ir-hj-sri-nurdiati-dekan-fmipa-ipb-banyak-yang-tidak-tahu-ini-rahasia-imunitas-tubuh

3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/802/fakta-atau-hoaks-benarkah-pesan-berantai-soal-virus-hanya-bisa-dikalahkan-antibodi-ini-berasal-dari-dekan-ipb