[HOAKS] - BERKAT PRESIDEN JOKOWI, BENDERA INDONESIA DAN UKRAINA BERKIBAR DI KONSER SCORPION

Share :        
Kamis, 07 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video yang menunjukkan dua buah bendera dibentangkan oleh sekumpulan penonton di tengah konser musik. Diklaim, bendera yang dibentangkan merupakan bendera Indonesia pada konser grup band Scorpion di Polandia untuk misi perdamaian Rusia-Ukraina.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita kompas.com (04/07/2022) bahwa lokasi konser dengan membentangkan bendera Polandia yang ditampilkan dalam video tersebut terletak di Krakow, Polandia.

Dikutip dari World Population Review, bendera Polandia dan bendera Indonesia memang mirip, yakni merah putih.

Hanya saja, jika dikibarkan, bendera Polandia memiliki bagian putih di atas dan merah di bawah. Kebalikan dengan bendera Indonesia, merah di atas dan putih di bawah.

Posisi pembentangan bendera secara horisontal oleh penonton konser membuat posisi bawah dan atas tidak lagi kentara.

Video dengan sudut pandang berbeda diunggah oleh akun Twitter @UkraineNewsLive pada 30 Mei 2022. Tampak, bendera merah putih dan bendera Ukraina terbentang memanjang di atas para penonton konser.

Disebutkan, video itu diambil ketika konser tur Scorpio di Polandia pada 28 Mei 2022.

Terkait narasi perdamaian Rusia dan Ukraina, Presiden Jokowi berkunjung ke dua negara tersebut selang satu bulan setelah adanya konser tersebut.

Selain itu, telah diklarifikasi oleh cekfakta.tempo.co (05/07/2022) bahwa informasi dalam video yang beredar adalah menyesatkan. Video konser tersebut juga tidak berkaitan dengan misi damai Presiden Jokowi dengan bertemu Presiden Ukraina dan Rusia.

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang bendera Indonesia berkibar di konser Scorpion, adalah tidak benar. Faktanya, bendera dalam video tersebut merupakan bendera Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content

Sumber Fakta :

1. https://amp.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/04/143619382/hoaks-bendera-indonesia-berkibar-di-konser-scorpion

2. https://cekfakta.tempo.co/amp/1775/menyesatkan-video-bendera-merah-putih-berkibar-di-konser-scorpions-di-ukraina-berkat-jokowi

3. https://turnbackhoax.id/2022/07/02/salah-keren-bendera-nkri-kita-terbentang-luas-di-konser-group-scorpion-dipolandia-berkat-presiden-kita-jokowi/