[HOAKS] - BERKUMUR BENSIN BERGUNA UNTUK SEMBUHKAN SAKIT GIGI

Share :        
Selasa, 05 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video melalui aplikasi Snack Video yang menyatakan bahwa untuk menyembuhkan sakit gigi cukup mudah yakni dengan berkumur menggunakan bensin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Dilansir dari tempo.co (01/07/2022), Ketua Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Cabang Kota Medan, drg Ranu Putra Armidin, M.K.M. Ranu menegaskan bahwa penggunaan bensin untuk mengobati sakit gigi seperti dalam isi video tersebut, menyesatkan dan berbahaya.

“Itu hanya berdasarkan pengalamanan yang belum memiliki pembuktian secara ilmiah,” ujar Ranu, Rabu (29/06/2022).

Ranu menjelaskan, unsur pembentuk rantai kimia pada bensin adalah oksigen dan karbon. Oksigen dan karbon memang merupakan bahan-bahan yang umum digunakan dalam kedokteran gigi. Namun konsentrasi yang digunakan berbeda dan harus dikerjakan dengan prosedur isolasi ketat.

Ia mencontohkan, umumnya bahan pembersih saluran akar yang dipakai dokter gigi menggunakan larutan pemutih dengan standar dan proses tindakan yang sangat ketat.

“Kenapa demikian? Karena dikhawatirkan tertelan. Kadang-kadang ada konsentrasinya untuk jaringan keras. Jika kena jaringan yang lembut, bisa iritasi dan mematikan jaringan,” katanya.

Ranu menegaskan bahwa berkumur menggunakan bensin juga dapat membahayakan kesehatan, bahkan bisa menghilangkan nyawa. Hal itu berbeda dengan larutan untuk berkumur lain, yang memang telah diujicobakan sehingga aman jika tertelan.

“Tidak benar kumur-kumur pakai bensin dapat menghilangkan bau mulut. Sekali lagi, dampak negatifnya sangat berbahaya,” tegas Ranu.

Sejauh penelusuran yang dilakukan, terdapat sejumlah cara pengobatan alami untuk sakit gigi, yakni menggunakan air garam, minyak cengkeh, teh peppermint, hingga bawang putih. Namun, tidak ditemukan metode pengobatan sakit gigi menggunakan bensin.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang memuat klaim tips mengobati sakit gigi dengan bensin, adalah tidak benar. Faktanya, tindakan berkumur menggunakan bensin dapat membahayakan kesehatan dan bahkan bisa menghilangkan nyawa. Tindakan tersebut tidak dianjurkan oleh tenaga medis.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks:  Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1769/menyesatkan-video-tips-menyembuhkan-sakit-gigi-dengan-bensin
2. https://gaya.tempo.co/read/1487909/berikut-ini-4-obat-alami-mengatasi-sakit-gigi
3. https://www.alodokter.com/langkah-alternatif-obat-sakit-gigi-di-rumah