[HOAKS] - BI AKAN MENCETAK UANG RP 300 TRILIUN KARENA KEUANGAN NEGARA SEDANG KRITIS

Share :        
Senin, 01 Feb 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi yang menyebutkan bahwa Bank Indonesia akan mencetak uang Rp 300 Triliun karena kondisi keuangan negara yang sedang kritis.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman money.kompas.com (27/01/2021) Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menegaskan tidak pernah berencana untuk mencetak uang kartal senilai 100-300 Triliun untuk membantu keuangan negara saat pandemi Covid-19. 

Menanggapi pesan bohong (hoaks) yang beredar di media sosial yang menyatakan Bank Indonesia mencetak yang karena kondisi negara tengah kritis. Erwin Haryono menegaskan, kalau berita ini hoaks tidak didukung oleh data fakta dan informasi yang benar serta tidak didukung logika yang rasional.

Erwin juga menyebutkan, tugas Bank Indonesia dalam mencetak uang sepenuhnya dilakukan dibawah amanat Undang-Undang (UU) dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut, antara lain  likuiditas perekonimian, mengganti uang lusuh dan sejenisnya.

“jadi tidak bisa dilakukan tanpa perhitungan karena akan membahayakan perekonimian,” ujar Erwin.

Gubernur Bank Indonesia pada awal pandemi sempat menolak usulan Dewan Perwakilan Rayat (DPR) untuk mencetak uang. Menurut perry hal itu tidak sejalan dengan kebijakan moneter yang prudent dan lazim.

Pencetakan uang hanya dilakukan harus sesuai dengan kaidah dan koordinasi antara Bank Indonesia dengan Kementerian Keuangan.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan bahwa Bank Indonesia akan mencetak uang Rp 300 Triliun karena kondisi keuangan negara sedang kritis adalah tidak benar. Faktanya, hal tersebut disanggah oleh Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia dan menegaskan bahwa BI tidak pernah berencana mencetak uang kartal senilai 100-300 Triliun.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

SUMBER FAKTA :

1. https://money.kompas.com/read/2021/01/27/183200426/disebut-cetak-uang-rp-300-triliun-karena-negara-krisis-bi--itu-hoaks-?page=all

2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/29/130000965/-hoaks-bank-indonesia-disebut-akan-cetak-uang-rp-300-triliun?page=all

3. https://depok.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-091358714/hoaks-atau-fakta-bi-dikabarkan-akan-cetak-uang-300-triliun-karena-keuangan-negara-makin-kritis-cek-faktanya

4. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4462286/cek-fakta-tidak-benar-bi-cetak-uang-rp-300-triliun-karena-kondisi-keuangan-negara-kritis

5. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-bi-cetak-uang-rp300-triliun-karena-keuangan-negara-kritis.html