Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - BILL GATES SEBUT PEMERINTAH UKRAINA DI BAWAH PRESIDEN ZELENSKYY PALING KORUP DI DUNIA


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)
Selasa, 21 Mar 2023

DISINFORMASI
Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang diklaim sebagai video Bill Gates menyatakan pemerintahan Ukraina di bawah kepemimpinan Presiden Volodymyr Zelenskyy adalah yang terburuk di dunia karena paling korup dan dikendalikan beberapa oligarki.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui klaim tersebut tidak benar.

Dilansir dari afp.com (17/03/2023), video tersebut merupakan hasil suntingan dari video wawancara Bill Gates dengan Lowy Institute, lembaga penelitian non-partisan di Sydney, Australia. Dokumentasi wawancara itu dapat dilihat dalam video berjudul “Preparing for Global Challenges: In Conversation with Bill Gates,” yang tayang di kanal Youtube Lowy Institute pada 23 Januari 2023.

Dalam wawancaranya, pernyataan Bill Gates tidak menyebutkan pemerintahan Presiden Zelenskyy paling korup, melainkan menyinggung bagaimana Zelenskyy berhasil menyatukan negaranya melawan infasi Rusia dan membuat Ukraina kuat dalam menyelaraskan situasi. Adapun, konteks yang menyebutkan Ukraina negara korup tidak mengacu secara langsung kepada pemerintahan Zelenskyy.

Tak hanya itu, dalam wawancara penuhnya, Bill Gates justru memuji Ukraina sebagai negara yang menjanjikan di masa depan.

"Jadi, mudah-mudahan setelah perang, ketika negara itu dibangun kembali, Ukraina akan pertama-tama naik ke level Eropa Timur dan kemudian akhirnya level Eropa. Jadi, Ukraina adalah negara yang sangat menjanjikan. Tapi, sementara waktu ia telah hancur, dan tidak ada yang tahu berapa lama perang ini akan berlangsung," ujar Bill Gates.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang diklaim sebagai pernyataan Bill Gates mengenai pemerintahan Ukraina di bawah Presiden Zelenskyy sebagai pemerintahan terkorup, adalah tidak benar. Faktanya, video adalah hasil suntingan dari video wawancara asli Bill Gates yang justru memuji Ukraina di bawah pemerintahan Presiden Zelenskyy.

SUMBER FAKTA:

  1. 1.       https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.33BC89A

  2. 2.       https://youtu.be/038__DssSv0

  3.  

Bagikan: