[HOAKS] - [HOAKS} - BIOSKOP TERTUA DAN PERTAMA DI DUNIA BERLOKASI DI PITTSBURGH AMERIKA SERIKAT

Share :        
Kamis, 22 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah foto di media sosial yang menampilkan gedung bioskop pertama di dunia dengan tulisan Nickelodeon dan berlokasi di  Pittsburgh, Amerika Serikat.  

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, bahwa klaim mengenai gedung bioskop pertama di dunia adalah Tidak Benar.

Dilansir dari laman kompas.com (20/09/2022) bahwa foto gedung dengan bertuliskan Nickelodeon adalah gedung bioskop Nickelodeon pertama yang dibangun di Smithfield Street di Pittsburgh pada 19 Juni 1905.

Hal serupa juga ditemukan dihalaman Perpustakaan Pennysylvania, Amerika Serikat (AS).

Gedung bioskop tersebut telah diruntuhkan setelah beroperasi lima tahun.

seiring perpindahan perusahaan produksi, perubahan nama jalan, hingga peruntuhan gedung-gedung diruntuhkan, satu-satunya bukti gedung bioskop Nickelodeon yang tersisa adalah plakat perunggu yang tergantung di dekat 441 Smithfield Street. 

Memorabilia untuk peringatan 50 tahun Nickelodeon itu dipersembahkan untuk John P. Harris, sebagai pelopor pemutaran film di wilayah tersebut. 

Kendati demikian, bioskop Nickelodeon di Pittsburgh bukanlah bioskop pertama di dunia. 

Berdasarkan catatan dari Guinness World Records, bioskop tertua di dunia adalah State Theatre di Iowa, Washington, AS yang dibuka sejak 14 Mei 1897. Bioskop itu memutar film atau gambar bergerak yang dibuat oleh sinematografer asal Paris, Perancis. 

Selain itu, menurut History.com, film komersial pertama yang diputar adalah film yang dibuat oleh dua bersaudara asal Perancis, Louis and Auguste Lumiere. Film mereka diputar di Grand Cafe, Paris pada 28 Desember 1895. Namun tempat itu bukanlah gedung bioskop, melainkan kafe, sehingga tidak dapat dikatakan sebagai bioskop pertama di dunia.


KESIMPULAN

Klaim mengenai bioskop pertama di dunia dengan tulisan Nickelodeon dan berlokasi di  Pittsburgh, Amerika Serikat adalah tidak benar. Faktanya berdasarkan catatan dari Guinness World Records, bioskop tertua di dunia adalah State Theatre di Iowa, Washington, AS yang dibuka sejak 14 Mei 1897.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/20/181521282/hoaks-foto-bioskop-pertama-di-dunia?page=all

2. https://pabook.libraries.psu.edu/literary-cultural-heritage-map-pa/feature-articles/more-your-nickels-worth-nickelodeon

3. https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/426222-oldest-continuously-operating-cinema-theatre

4. https://www.history.com/this-day-in-history/first-commercial-movie-screened