[HOAKS] - BUNGLON BISA MERUBAH WARNA TUBUHNYA SESUAI DENGAN OBJEK YANG DISENTUH

Share :        
Kamis, 23 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Youtube tentang seekor bunglon mengubah warna kulitnya untuk melakukan kamuflase, seperti politisi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari kumparan.com (08/02/2018), informasi bahwa bunglon akan mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna lingkungan di sekitarnya untuk berkamuflase, ternyata tidak benar. Bunglon tidak bisa memilih perubahan warna apa yang ia inginkan, karena perubahan warna kulit pada bunglon tergantung pada suasana hati, suhu udara, dan cahaya.

Jika bunglon sedang marah, maka warna kulitnya akan berubah menjadi gelap. Tapi jika sedang ingin kawin, warnanya akan menjadi cerah untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Lalu jika bunglon sedang kedinginan, warna tubuhnya akan menjadi gelap karena warna gelap akan menyerap panas lebih mudah.

Atas dasar tersebut, kemampuan bunglon untuk mengubah warna kulitnya tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, tetapi dipengaruhi oleh faktor suasana hati, suhu udara, dan cahaya saja.

Selain itu, dilaporkan dalam hoaxes.id (28/08/2019) bahwa sebagian besar bunglon tidak membutuhkan perubahan warna sama sekali. Dalam kondisi alami, warna tubuh mereka sudah sangat mirip dengan daun atau ranting.

“Ketika ada sedikit cahaya, sel-sel pigmen coklat hingga hitam yang disebut melanin membanjiri permukaan kulit dan menyebabkan bunglon tampak lebih gelap,” kata Devi Stuart-Fox, seorang ahli evolusi biologi di University of Melbourne, yang telah mempelajari warna bunglon selama lebih dari satu dekade.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang seekor bunglon mengubah warna kulitnya untuk melakukan kamuflase, adalah tidak benar. Faktanya, bunglon juga tidak bisa memilih perubahan warna apa yang ia inginkan, karena perubahan warna kulit pada bunglon tergantung pada suasana hati, suhu udara, dan cahaya. Informasi ini termasuk satir karena menganalogikan kemampuan kamuflase bunglon dengan politisi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire or Parodi)

Sumber Fakta:
1. https://kumparan.com/lampu-edison/bunglon-berubah-warna-bukan-untuk-berkamuflase/full
2. https://www.hoaxes.id/mitos-vs-fakta-bunglon-berubah-warna-untuk-kamuflase/
3. https://turnbackhoax.id/2022/06/17/salah-bunglon-dapat-mengubah-warna-kulitnya-sesuai-dengan-warna-benda-yang-disentuhnya/