[HOAKS] - BAHAYA REBUSAN MIE INSTAN YANG MENGANDUNG LILIN

Share :        
Senin, 16 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar info di media sosial Facebook yang berisi tanggapan soal cara membuat mie instan ala warmindo. Dalam komentarnya disebutkan jika air rebusan mie instan mengandung pengawet yang membahayakan tubuh. Sehingga dianjurkan untuk membuang air rebusan pertama dan mengganti dengan air panas baru.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui jika informasi tersebut keliru.

Dalam keterangan disebut jika air rebusan mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi karena mengandung lilin yang dapat menyebabkan kanker.

Doktor dan ahli gizi Tan Shot Yen pernah memberi komentar terkait hal tersebut. Diberitakan kompas.com (12/01/2023), dokter Tan menjelaskan air rebusan mie instan yang berubah warna tidak membahayakan dan tetap bisa dikonsumsi langsung bersama mie instan.

"Semua isi yang sudah masuk kemasan makanan dan teregistrasi BPOM itu artinya sudah aman dan higienis menurut standar. Jika air rebusannya bahaya, maka mie lebih bahaya lagi dong? Wah, itu menyesatkan," katanya, saat dihubungi, Selasa (15/6/2021).

Sementara Ahli gizi Inge Permadhi pernah menyatakan kepada CNN (08/10/2021) jika membuang air rebusan pertama sama dengan membuang sebagian karbohidrat simpleks (sederhana) yang bisa meningkatkan kadar gula tubuh.

Karbohidrat simpleks kerap dikenal dengan istilah karbohidrat putih. Jenis karbohidrat ini sangat mudah diserap tubuh dan bisa meningkatkan gula darah. Jenis ini juga bisa membuat obesitas akibat penumpukan lemak karena karbohidrat yang tidak terbakar.

"Kalau tidak mau terlalu banyak karbohidrat simpleks ya dibuang. Dari segi rasa memang akan berkurang kelezatannya yah," jelas Inge saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon, Jumat (8/10).

Doktor Tan menambahkan jika yang berbahaya adalah mengonsumsi mie instan terlalu sering dan terlalu banyak hingga kecanduan. Sebab dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas, gangguan gizi terutama pada tumbuh kembang anak. 

KESIMPULAN

Klaim yang menyebut air rebusan mie instan berbahaya bagi kesehatan karena mengandung bahan lilin adalah tidak benar. Faktanya, air rebusan mie berwarna keruh adalah karena mengandung karbohidrat putih dan aman untuk dikonsumsi.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/12/203000882/-klarifikasi-air-rebusan-mi-instan-tak-berbahaya-untuk-dikonsumsi?page=all

2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211008133708-262-705179/air-rebusan-pertama-mi-instan-buang-atau-tidak