[HOAKS] - BANYAK PETUGAS TERPAPAR COVID-19, PELAYANAN RSUP FATMAWATI TUTUP

Share :        
Senin, 31 Agu 2020

DISINFORMASI

Beredar pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp berisi foto yang menampilkan pengumuman bahwa pelayanan RSUP Fatmawati ditutup karena banyak petugas IGD yang terpapar covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks dari laman website dan akun media sosial instagram resmi Rumah Sakit Fatmawati, diperoleh informasi yang menyampaikan kepada seluruh pelanggan RSUP Fatmawati bahwa Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan dan Pelayanan Penunjang RSUP Fatmawati tetap buka. 

Dari akun instagram resmi RSUP Fatmawati (31/08) juga menyampaikan caption "Ditengah Pandemi yang belum berakhir ini, RSUP Fatmawati tetap melaksanakan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan maupun Pelayanan Penunjang. Dan Kami, seluruh Pegawai RSUP Fatmawati tetap bekerja dan melayani sesuai dengan Protokol Kesehatan. Jaga Diri, Jaga Keluarga, Jaga Teman, Jaga RSUP Fatmawati. Tetap Semangat."

KESIMPULAN

Foto yang berisi informasi tentang penutupan IGD RSUP Fatmawati adalah tidak benar. Faktanya RSUP Fatmawati tetap buka melayani pasien instalasi gawat darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan dan Pelayanan Penunjang RSUP Fatmawati. Informasi tersebut disampaikan melalui laman website resmi dan akun media sosial instagram milik RSUP Fatmawati.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://rsupfatmawati.id/home/konten/PELAYANAN_KAMI_BUKA_SEPERTI_BIASA

2. https://www.instagram.com/p/CEihqNyBZNQ/