[HOAKS] - BARACK OBAMA: INDONESIA ADALAH KUNCI DAMAI AMERIKA DAN RUSIA DI G20

Share :        
Kamis, 24 Nov 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan video di Facebook yang diklaim sebagai pernyataan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang menyatakan bahwa Indonesia bisa menyatukan Amerika dan Rusia di G20.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim video tersebut tidak benar. Dilansir dari merdeka.com, diketahui bahwa isi video merupakan pidato Barack Obama saat berpidato di Universitas Indonesia kala ia mengunjungi Indonesia pada tahun 10 November 2010.

Dalam pidato Obama itu tidak ditemukan pernyataan mengenai isu Indonesia bisa menyatukan Amerika dan Rusia di gelaran G20. Isi pidato Barack Obama kala itu lebih berbagi tentang kesan-kesan masa kecilnya di Indonesia dan pandangannya mengenai Indonesia telah berkembang menjadi pemain kunci di Asia Pasifik dan ekonomi global.

Selain itu, Obama berbagi mengenai pengalamannya berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia saat itu. Obama sempat memuji kondisi toleransi antar umat beragam di Indonesia. Cuplikan pidato itu pun dapat dilihat di Kanal Youtube U.S. Embassy Jakarta dengan judul “Pidato Presiden Obama di UI Part 1/4" yang tayang pada 14 November 2011. 

KESIMPULAN

Klaim video yang menyatakan Obama memberikan pernyataan Indonesia mampu menyatukan Amerika dan Rusia di gelaran G20 tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan cuplikan pidato Barack Obama saat berkunjung ke Universitas Indonesia pada 10 November 2010. Pada pidatonya itu tidak ditemukan pernyataan mengenai Amerika dan Rusia di gelaran G20.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-benarkah-video-obama-yakin-indonesia-bisa-satukan-rusia-dan-as-di-g20.html

2. https://youtu.be/9ycm9EBH9QM

3. https://nasional.tempo.co/read/291064/pidato-lengkap-obama-di-balairung-universitas-indonesia

4. https://news.detik.com/berita/d-1493101/pidato-lengkap-presiden-as-di-kampus-ui-