[HOAKS] - BEREDAR VIDEO WARGA CHINA TERUS BERDATANGAN KE INDONESIA DI BANDARA SOEKARNO HATTA

Share :        
Senin, 18 Mei 2020

DISINFORMASI

Beredar Video yang menampilkan kondisi di Bandara dengan narasi yang menyebutkan banyak warga China yang terus berdatangan ke Indonesia di Bandara Soekarno Hatta.

PENJELASAN                                                                                                                   

Berdasarkan hasil penelusuran dari https://turnbackhoax.id/ (20/04/2020). Salah satu pengguna facebook (https://www.facebook.com/leonardo.ghagra) pada 10 April 2020 23:18 WIB mengunggah video seseorang yang sedang berada di terminal 2 bandara soekarno Hatta. Dalam video tersebut dikatakan ada ratusan orang China masuk lewat Bandara Soetta setiap pagi hari. Akun tersebut juga menambahkan narasi “Di Seluruh Negara Lain Sudah Lockdown, Tapi Sayang Itu Semua Tidak Berlaku di Negeriku, yang Katanya Sikafir China Terus Masuk Keindonesia…..
Pak Presiden Tolong Buka Mata Dong……”

Selanjutnya postingan ini juga dibagikan oleh akun lain di facebook https://www.facebook.com/cebong.dungu.1069) yang menambahkan narasi “Pemerintah harus BERTANGGUNG JAWAB dengan MELUAS nya wabah COVID”19 di tanah air Indonesia !
Dalam keaadaan DARURAT KESEHATAN krn COVID’19 .. Dengan BEBAS nya warga negara China berbondong bondong masuk Indonesia !!”

Setelah melakukan periksa fakta, video tersebut sudah pernah beredar pada tahun 2018 melalui kanal youtube dengan narasi “Kok Tenaga Kerja Asing Masuk Ke Indonesia???” dan tidak terkait dengan pandemi Covid-19 yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang diberlakukan di sebagian daerah di Indonesia

KESIMPULAN

Video yang menyampaikan narasi bahwa warga China terus berdatangan ke Indonesia di Bandara Soekarno Hatta selama masa pandemi Covid19 dan pemberlakuan PSBB adalah tidak benar. Faktanya Video tersebut merupakan Video tahun 2018, tidak terkait dengan darurat kesehatan maupun pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

SUMBER FAKTA :
1. https://makassar.terkini.id/beredar-video-warga-china-terus-berdatangan-ke-indonesia-meski-lockdown-ini-faktanya/

2. https://turnbackhoax.id/2020/04/20/salah-video-sudah-lockdown-sikafir-china-terus-masuk-ke-indonesia/

3. https://youtu.be/ADpC1uFhJHw                                                                     
4. https://youtu.be/zuz9G5XbZ5M