Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - BILL GATES CIPTAKAN PASAR UNTUK VAKSIN FLU BURUNG


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)
Rabu, 29 Mei 2024

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa Bill Gates telah menciptakan pasar untuk vaksin flu burung.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (21/05/2024) bahwa artikel dan narasi yang beredar mengaitkan pengembangan vaksin baru dengan rencana Bill Gates menyerang pasokan pangan global untuk menciptakan pasar bagi vaksin tersebut. Artikel merujuk pada siaran pers Yayasan Bill dan Melinda Gates soal perjanjian global untuk memasok vaksin H1N1 atau flu babi.

Dari laman gatesfoundation.org dijelaskan, vaksin tersebut belum disetujui sehingga belum ada perjanjian global untuk mendistribusikan ke suluruh dunia.

Penyataan dibuat berkaitan dengan komitmen beberapa negara untuk menyumbang Sebagian stok vaksin H1N1 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Adapun, pernyataan diterbitkan pada September 2008 bukan 2024.

Thumbnail yang beredar di media sosial menyertakan tangkapan layar dari akun X Bill Gates dengan teks "there really is not choice-bird flu jab, or die painfully," namun dari penelusuran lebih lanjut dengan menggunakan advance search, tidak ditemukan twit Bill Gates semacam itu.

Sebagai informasi tambahan, Yayasan Bill dan Melinda Gates menginventasikan 52 juta dolar Amerika Serikat pada Perusahaan biofarmasi Jerman CureVac, yang meneliti efektivitas vaksin H5N1 untuk flu burung. Kendati demikian, fakta ini tidak membuktikan bahwa ia sengaja merusak pasokan pangan global untuk menciptakan pasar vaksin.

KESIMPULAN
Informasi tentang Bill Gates telah menciptakan pasar untuk vaksin flu burung, adalah tidak benar. Faktanya, artikel merujuk pada siaran pers Yayasan Bill dan Melinda Gates soal perjanjian global untuk memasok vaksin H1N1 atau flu babi, namun vaksin tersebut belum disetujui sehingga belum ada perjanjian global untuk mendistribusikan ke suluruh dunia.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/21/083500182/disinformasi-bill-gates-ciptakan-pasar-untuk-vaksin-flu-burung?page=all#page2

  2. https://www.gatesfoundation.org/ideas/media-center/press-releases/2009/09/statement-on-global-agreement-to-supply-h1n1-vaccine-to-developing-countries

Bagikan: