[HOAKS] - BILL GATES NYATAKAN EFEK BURUK VAKSIN COVID-19 MUNCUL SETELAH 2 TAHUN

Share :        
Kamis, 17 Nov 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook berupa tangkapan layar cuitan akun yang menyatakan bahwa efek buruk vaksin Covid-19 akan muncul setelah 2 tahun. Dalam narasi tangkapan layar itu disebutkan beberapa efek tersebut yakni kematian, serangan stroke, gagal ginjal, hingga kanker infertil. Adapun, dalam tangkapan layar itu diklaim bahwa pernyataan efek vaksin tersebut berasal dari Bill Gates.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (15/11/2022), diketahui bahwa Bill Gates tidak pernah menyatakan tentang efek samping dari vaksin Covid-19 seperti kematian, serangan stroke, gagal ginjal, hingga kanker infertil.

Pernyataan lengkap Bill Gates perihal vaksin Covid-19 itu dapat dilihat wawancara bersama presenter BBC Charlie Stayt di Kanal Youtube BBC dengan video berjudul “Coronavirus: Bill Gates interview @BBC Breakfast – BBC” yang tayang pada 12 April 2020.

Wawancara Gates dilakukan pada April 2020, ketika belum ada vaksin Covid-19. Ia bicara mengenai pentingnya tindakan cepat atas situasi pandemi Covid-19.

Pada menit 8 detik 23, Charlie bertanya mengenai seberapa jauh kompromi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan vaksin dalam waktu cepat. Dalam pernyataan itu, dia tidak menyebut mengenai gagal ginjal akut, stroke, kanker, dan sebagainya. 

Ia menjelaskan bahwa dalam situasi kriris, tindakan cepat perlu dilakukan. Contohnya seperti penemuan obat untuk HIV. Perlu kerja sama para peneliti dan pemerintah untuk segera mencari jalan keluar dari situasi pandemi saat itu.

"Saya pikir kita akan bisa mendapatkan beberapa indikasi keamanan, tetapi ini adalah barang publik. Pertukaran yang dilakukan pemerintah secara kooperatif akan dilibatkan dalam keputusan," kata Gates.

KESIMPULAN
Informasi tentang pernyataan Bill Gates bahwa efek buruk vaksin Covid-19, seperti kematian, serangan stroke, gagal ginjal, hingga kanker infertil muncul setelah dua tahun, adalah tidak benar. Faktanya, wawancara Bill Gates tersebut dilakukan pada April 2020 ketika belum ada vaksin Covid-19, yakni mengenai pentingnya tindakan cepat atas situasi pandemi Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/15/184500082/-hoaks-efek-samping-vaksin-covid-19-muncul-setelah-2-tahun?page=all#page2
2. https://youtu.be/ie6lRKAdvuY