[HOAKS] - BRIGJEN HENDRA KURNIAWAN MERUPAKAN ANAK KANDUNG PRESIDEN CHINA XI JINPING

Share :        
Rabu, 06 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video dengan narasi yang menyebutkan bahwa Brigadir Jenderal Hendra Kurniawan adalah anak kandung Presiden Cina Xi Jinping.

[HASIL PENELUSURAN]

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut sudah banyak di klarifikasi oleh beberapa media berita dan akun penangkal hoaks, salah satu nya dari cekfakta.tempo.co (04/01/2021), dilaporkan bahwa salah satu akun yang membagikan klaim itu adalah akun Nia Herawati, tepatnya pada 2 Januari 2021. Akun ini menulis, "Kalau kita diyam brrt kita mendukung kehancuran nkri dan rezikonya pada anak cucukita kelak..!!!" Hingga artikel ini dimuat, unggahan itu telah mendapatkan 55 reaksi dan 18 komentar.

Untuk memverifikasi klaim tersebut, Tim CekFakta Tempo menelusuri pemberitaan dari media kredibel tentang anak Presiden Cina Xi Jinping. Hasilnya, ditemukan informasi bahwa Xi Jinping hanya memiliki satu anak, yakni anak perempuan yang bernama Xi Mingze.

Selain itu, Hendra sendiri merupakan Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. Hendra memang berdarah Tionghoa. Namun, telah banyak keturunan Tionghoa yang menjadi polisi, setidaknya sejak orde lama.

Selanjutnya, pada website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika kominfo.go.id (04/01/2021), informasi tersebut telah dinyatakan hoaks.

KESIMPULAN

Video yang berisi narasi bahwa Brigadir Jenderal Hendra Kurniawan adalah anak kandung Presiden Cina Xi Jinping, adalah tidak benar. Faktanya, Xi Jinping hanya memiliki satu anak, yakni anak perempuan yang bernama Xi Mingze.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1181/keliru-brigjen-hendra-kurniawan-anak-kandung-presiden-cina-xi-jinping
2. https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1336899-brigjen-hendra-anak-presiden-china-xi-jinping-cek-faktanya
3. https://kominfo.go.id/content/detail/31905/disinformasi-brigjen-hendra-kurniawan-anak-kandung-presiden-china-xi-jinping/0/laporan_isu_hoaks
4. https://turnbackhoax.id/2021/01/03/salah-hendra-kurniawan-anak-kandung-jie-ping-presiden-china/