Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - BUKTI PERANG UKRAINA RUSIA SUDAH DIRENCANAKAN SEJAK 1939


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)
Kamis, 03 Agus 2023

DISINFORMASI
Beredar postingan di media sosial Instagram yang mengklaim bahwa perang Ukraina dengan Rusia saat ini telah direncanakan sejak tahun 1939.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari tempo.co (31/07/2023), diketahui bahwa gambar tersebut adalah bagian dari sebuah gambar yang pernah diproduksi oleh majalah LOOK pada tahun 1939.

Di situs stok foto, Alamy, gambar tersebut pernah dibagikan oleh kontributor Shawshots dengan keterangan: "UKRAINE 1939 Vintage propaganda map of Ukraine, Eastern Europe, Baltic States, RUSSIA USSR, with portraits of Stalin and Hitler. Prophetic title from 'LOOK' magazine double page spread titled 'THE NEXT EUROPEAN WAR WILL START IN THE UKRAINE' March 14th, 1939 With explanatory captions regarding potential targets for conflict."

Dari penelusuran, diketahui bahwa majalah LOOK pada tahun 1930-an merupakan majalah yang lebih fokus pada olahraga, bintang film, dan sensionalisme. Isi majalah tersebut terkadang mengabaikan akurasi berita dan lebih fokus pada mencari minat atau kehebohan publik.

Selain itu, konteks gambar yang beredar di Instagram tidak menyatakan bahwa perang Ukraina dengan Rusia telah direncanakan sejak tahun 1939. Ahli Eropa Timur dari Universitas Airlangga Surabaya, Radityo Dharmaputra, menjelaskan bahwa pada waktu itu, Ukraina masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Ukraina baru memisahkan diri melalui sebuah referendum pada Desember 1991. Sehingga, gambar tersebut sama sekali tidak terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina yang terjadi saat ini.

Saat Perang Dunia II, negara-negara di Eropa Tengah dan Timur menjadi korban, termasuk adanya perjanjian antara Jerman dan Soviet (Molotov-Ribbentrop Treaty) yang membagi kawasan Eropa Tengah dan Timur menjadi wilayah pengaruh Jerman dan Soviet.

Itu kan terkait tensi dan rivalitas antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet saat itu, sebelum Perang Dunia II. Gambar tersebut tidak ada hubungannya dengan perang yang terjadi sekarang,” kata Radityo.

KESIMPULAN

Informasi terkait klaim bahwa perang Ukraina dengan Rusia saat ini telah direncanakan sejak tahun 1939 adalah tidak benar. Faktanya, gambar yang beredar terkait dengan Perang Dunia II dan tidak ada kaitannya dengan perang antara Rusia dan Ukraina yang sedang berlangsung saat ini.

SUMBER FAKTA:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/2393/keliru-perang-ukraina-dengan-rusia-sudah-direncanakan-sejak-1939

  2. https://bit.ly/AlamyII

Bagikan: