[HOAKS] - BURUNG PENYEMBUR API PENYEBAB KEBAKARAN HUTAN AUSTRALIA

Share :        
Senin, 22 Nov 2021

DISINFORMASI

Beredar informasi mengenai Burung yang bisa mengeluarkan api tersebar luas di grup pesan WhatsApp dan sosial media yang dikait-kaitkan dengan penyebab dari kebakaran hutan di Australia.

PENJELASAN

Berdasarkan Hasil Penelusuran, dilansir dari laman liputan6.com (16/11/2021) telah diklarifikasi bahwa informasi tersebut salah. dalam penelusuran dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'video Birds give off Australian fire' penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Circulating Tiktok Video, Is It True That Birds Putting Fire During the Prophet’s Time Reappeared?"yang dimuat situs news.videos-24.com, pada 15 November 2021.

Artikel situs news.videos-24.com menyebutkan, dalam video tersebut menampilkan seorang peneliti dalam sebuah buku dari Suriah, Abdel Daem Kaheel. Dimana Kaheel sedang melakukan wawancara dengan sebuah stasiun televisi dari Mesir, Al Rahma.

Dalam wawancara tersebut, Kaheel menjelaskan fenomena kebakaran hutan yang terjadi di Australia dan diduga dilakukan oleh elang. Demikian disampaikan hasil penelitian dalam Journal of Ethnobiology, Desember 2017.

Kaheel membahas hasil penelitian yang menyebutkan bahwa elang dengan sengaja membawa ranting yang terbakar ke daerah lain sejauh satu kilometer, perilaku ini diduga dilakukan secara berkelompok.

Artikel berjudul "Hoaks! Burung berbahaya sebabkan kebakaran hutan di Australia" yang dimuat antaranews.com, pada 13 November 2021 juga mengulas video yang identik dengan klaim.

Artikel situs antaranews.com menyebutkan, burung yang ada pada sisi bawah Kaheel berjenis Lapwing Utara yang berasal dari Eropa, video burung negeluarkan sinar laser dan asap tersebut telah mengalami editan.

KESIMPULAN

Informasi mengenai burung yang bisa mengeluarkan api yang dikaitkan dengan penyebab dari kebakaran hutan di Australia adalah tidak benar. Faktanya video burung mengeluarkan sinar laser dan asap tersebut merupakan video editan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4712284/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-burung-penyembur-api-penyebab-kebakaran-hutan-australia

2. https://mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-1463011656/cek-fakta-burung-mengeluarkan-api-jadi-penyebab-kebakaran-hutan-di-australia-simak-penjelasannya

3. https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-013015324/cek-fakta-tersiar-video-burung-semburkan-api-penyebab-kebakaran-hutan-di-australia

4. https://www.antaranews.com/berita/2522197/hoaks-burung-berbahaya-sebabkan-kebakaran-hutan-di-australia

5. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/381823/cek-fakta-burung-di-australia-keluarkan-api-sebabkan-kebakaran-hutan