[HOAKS] - CACAR MONYET ADALAH KONSPIRASI ELIT GLOBAL DAN PANDEMI PALSU KEDUA

Share :        
Jumat, 27 Mei 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox merupakan agenda elite global dan pandemi palsu ke-2. Narasi yang beredar disertai infografis berupa tabel bertajuk Strengthening Global Systems to Prevent and Respond to High-Consequence Biological Threats.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari website resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) who.int (21/05/2022) cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan virus monkeypox, bagian dari genus Orthopoxvirus.

Pada 13 Mei 2022, WHO menerima laporan dari 12 negara di luar wilayah endemik cacar monyet. Kendati demikian, penyakit ini sudah ada sejak 1958 dan ditemukan di laboratorium Denmark. Penyakit ini awalnya ditemukan pada monyet. Kasus infeksi pertama cacar monyet pada manusia terjadi pada 1970, yang dialami seorang anak di Kongo.

Hingga Selasa, 24 Mei 2022 belum ada pernyataan resmi dari WHO yang menyatakan cacar monyet sebagai pandemi.

Selain itu, dilaporkan dalam kompas.com (24/05/2022) bahwa tabel yang disematkan berasal dari laporan skenario latihan, temuan utama dari diskusi, dan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk komunitas internasional. Sehingga, tabel yang ditunjukkan mengenai penyakit cacar air bukanlah jadwal serangan. Melainkan, kemungkinan yang diperkirakan ketika cacar air menyerang sejumlah negara, hingga kemungkinan terburuk yakni menjadi pandemi.

KESIMPULAN
Informasi bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox merupakan agenda elite global dan pandemi palsu ke-2, adalah tidak benar. Faktanya, WHO belum menyatakan cacar monyet sebagai pandemi dan tabel yang beredar bukanlah jadwal, melainkan skenario latihan dan dan simulasi NTI untuk mengurangi ancaman biologis dengan konsekuensi tinggi, dengan contoh wabah cacar monyet.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.who.int/emergencies/disease-outbreak-news/item/2022-DON385
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/24/184100082/-hoaks-monkeypox-jadi-agenda-pandemi-palsu-elite-global#page2
3. https://www.kominfo.go.id/content/detail/42115/disinformasi-monkeypox-jadi-agenda-pandemi-palsu-elite-global-part-2/0/laporan_isu_hoaks