[HOAKS] - CACAR MONYET KINI DAPAT MENULAR MELALUI GIGITAN NYAMUK

Share :        
Selasa, 30 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox dapat ditularkan lewat gigitan nyamuk.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa narasi tersebut keliru. Dilansir dari usatoday.com (23/08/2022), Dr. Ali Khan, seorang ahli epidemiologi dan dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Nebraska Medical Center menjelaskan, tidak ada bukti yang membuktikan penyakit cacar monyet bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk.

"Tidak ada data laboratorium atau epidemiologi yang mendukung penularan cacar monyet – dan banyak data yang menyangkal diagnosis ini dan mendukung kontak langsung," kata Khan.

Menurutnya, cacar monyet tidak menyebar seperti malaria atau Virus West Nile yang ditularkan oleh nyamuk. Penelitian terbaru yang menganalisa 528 kasus cacar monyet yang didiagnosis antara 27 April dan 24 Juni 2022, hampir semua kasus atau sebanyak 95 persen terjadi karena kontak seksual laki-laki dengan laki-laki.

Nyamuk memang dapat mentransfer sejumlah kecil darah orang yang telah terinfeksi, namun menurut Profesor mikrobiologi, imunologi dan genetika molekuler Universitas Kentucky, Ilhem Messaoudi Powers, darah itu tidak cukup untuk menyebabkan infeksi baru.

"Ketika individu terinfeksi virus monkeypox, tingkat ... virus dalam darah tidak mencapai tingkat yang cukup tinggi untuk ditularkan melalui makanan darah yang diambil oleh nyamuk," kata Messaoudi.

Sebagai tambahan, spesies hewan yang telah diidentifikasi rentan terhadap virus cacar monyet adalah tupai tali, tupai pohon, tikus berkantung Gambia, dormice, primata, dan spesies lainnya. Adapun transmisi dari hewan ke manusia terjadi karena kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit dari hewan yang terinfeksi.

Sementara, penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi akibat kontak dekat dengan sekresi pernapasan, lesi kulit orang yang terinfeksi, atau benda yang baru saja terkontaminasi.

KESIMPULAN
Informasi bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox dapat menyebar melalui gigitan nyamuk, adalah tidak benar. Faktanya, belum ada bukti yang mendukung bahwa cacar monyet atau virus cacar lainnya dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/08/23/fact-check-no-evidence-mosquitoes-can-spread-monkeypox-experts-say/10228446002/?fbclid=IwAR0l2x2Lkjp1wRGMss0BZkwDYbpffd3Ktum_7yk93A7w3wJA3mvym1xSsHk
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/25/163200182/cek-fakta--apakah-cacar-monyet-ditularkan-lewat-nyamuk-?page=all
3. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQjnX5b-cek-fakta-cacar-monyet-bisa-ditularkan-lewat-gigitan-nyamuk-cek-dulu-faktanya