[HOAKS] - CAMPURAN HERBAL KUNYIT DAN MADU AMPUH OBATI CACAR MONYET

Share :        
Kamis, 11 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook yang memuat sebuah video tentang campuran kunyit dan madu dapat mengobati penyakit cacar monyet.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim video tersebut tidak benar. Dilansir dari liputan6.com (09/08/2022), Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada  (UGM) yang juga Pakar Farmakologi dan Farmasi Klinik UGM, Prof Apt Zullies Ikawati, Ph.D, menyatakan bahwa klaim ramuan pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu seperti yang ada dalam unggahan akun Facebook tersebut belum ada uji klinisnya.

"Belum (ada uji klinis)," kata Zullies, Rabu (09/08/2022).

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK, kunyit dan madu tersebut hanya menaikkan daya tahan tubuh. "Jadi suplemen saja," tutur Inong.

Ia menambahkan, campuran tersebut bukanlah obat cacar monyet, sebab sampai saat ini belum ada obat untuk virus tersebut.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang campuran kunyit dan madu dapat menjadi obat cacar monyet, adalah tidak benar. Faktanya, campuran kunyit dan madu belum terbukti secara ilmiah dapat menjadi obat cacar monyet dan sampai saat ini belum ada obat untuk virus tersebut.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5037416/cek-fakta-tidak-benar-ramuan-pengobatan-cacar-monyet-dengan-kunyit-dan-madu
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-ramuan-kunyit-dan-madu-bukan-obat-cacar-monyet.html
3. https://rri.co.id/humaniora/info-publik/1575315/cek-fakta-ramuan-pengobatan-cacar-monyet?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign