[HOAKS] - CAMPURAN KULIT BATANG POHON MANGGA, GARAM, DAN AIR HANGAT AMPUH MENGOBATI SAKIT GIGI

Share :        
Jumat, 17 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi mengenai kerokan kulit batang pohon mangga berkhasiat mengobati sakit gigi.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim jalahoaks Bahwa klaim mengenai kerokan kulit batang pohon mangga berkhasiat mengobati sakit gigi adalah Tidak benar.

Dikutip dari laman kompas.com (07/06/2022) Orthodontist di Griya DR Sony Jakarta, drg. Adianti, MDSc, Sp Ort, menjelaskan bahwa klaim tersebut tidak mendukung bukti ilmiah yang kuat.

“Menurut dari keilmuan kedokteran tidak masuk akal sih. Kalau gigii lubang, artinya jaringan giginya udah rusak, solusinya dibersihkan jaringan yang rusak tadi dan diganti dengan bahan tambalan," kata Adianti

Adianti mengatakan, kumur-kumur menggunakan campuran kerokan kulit batang mangga dan garam tidak akan memperbaiki jaringan gigi yang sudah rusak. "Kalau kumur-kumur doang jaringan gigi yang udah terlanjur rusak tadi kan tetap enggak bisa balik lagi," ujar dia. Menurut Adianti, apabila gigi berlubang tadi tidak ditambal, maka lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

"Gigi yang sudah terlanjur berlubang ya akan tetap berlubang, dipakai makan lagi lama-lama ya akan patah-patah juga kalau enggak ditambal," tuturnya.

KESIMPULAN

Informasi mengenai kerokan kulit batang pohon mangga berkhasiat mengobati sakit gigi adalah tidak benar. Faktanya bahwa klaim tersebut tidak mendukung bukti ilmiah yang kuat. Campuran kerokan kulit batang pohon mangga dan garam tidak terbukti memperbaiki jaringan gigi yang sudah rusak.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/07/133816982/hoaks-kerokan-kulit-batang-mangga-berkhasiat-mengobati-sakit-gigi?page=1