[HOAKS] - CACAR MONYET SAMA DENGAN PENYAKIT KUSTA

Share :        
Jumat, 12 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi mengenai penyakit cacar monyet sama dengan kusta

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, Dilansir dari kompas.com (09/08/2022) bahwa klaim mengenai penyakit cacar monyet sama dengan kusta adalah Salah.

Perbedaan penyakit cacar monyet dengan kusta adalah dari sumbernya. Penyakit Kusta disebabkan oleh bakteri, sedangkan cacar monyet disebabkan oleh virus.

Mycobacterium leprae merupakan bakteri yang masih satu famili dengan bakteri tuberkulosis. Penyakit kusta yang disebabkan oleh bakteri ini merupakan penyakit tertua yang diketahui terkait dengan manusia.

Dikutip dari laman The Conversation, penyakit kusta sudah ada sejak sekitar 4.000 tahun silam.

Bakteri penyebab kusta dapat menetas selama tiga hingga lima tahun sebelum gejala muncul.

Gejala utama dari penyakit ini adalah kerusakan saraf yang dapat bersifat permanen dan melumpuhkan, disertai lesi jaringan kulit. Kusta sulit ditularkan dari satu orang ke orang lain, meskipun dapat ditularkan melalui droplet saluran pernapasan, seperti batuk. Adapun bakteri penyebab kusta pada kasus modern ditemukan pada hewan armadillo di Ameriksa Serikat (AS).

Sedangkan Cacar Monyet disebabkan oleh virus dari famili yang sama dengan virus cacar (smallpox). Cacar monyet pertama kali diidentifikasi pada bayi berusia 9 bulan di Republik Demokratik Kongo pada 1970. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sebelum menjadi wabah, penyakit ini biasanya dikaitkan dengan kontak langsung dengan hewan yang membawanya, seperti monyet hijau Afrika, dan penularan selanjutnya manusia ke manusia. 

Penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung dengan lesi kulit yang menyebabkan cacar monyet, dan cairan yang dikandungnya, termasuk yang menangani barang-barang seperti seprai yang terkontaminasi oleh cairan tersebut. 

Virus ini juga dapat ditularkan melalui tetesan sekresi pernapasan seperti air liur dan lendir. 

Gejala cacar monyet biasanya muncul dalam tiga minggu setelah terpapar. Orang yang terinfeksi akan mengalami lesi kulit, demam, dan gejala mirip flu lainnya yang biasanya sembuh dalam dua hingga empat minggu.

Selain itu, dari laman edukasi Universitas Queenland, Bakteri adalah sel terkecil, paling sederhana, dan kuno yang materi genetic yang mengambang bebas. Bakteri bersel tunggal.

Bekteri bereproduksi secara mandiri dengan cara membelah diri.

Berbeda dengan bakteri, virus tidak dapat berkembang biak secara mandiri. 

Virus tidak memiliki sel dan hanya terdiri dari partikel tunggal, sehingga dia hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup. Virus tidak memiliki organel ataupun alat untuk menyalin materi genetiknya sendiri (DNA atau RNA). Untuk bertahan hidup dan memperbanyak diri, virus perlu bergantung pada inang. 

Siklus hidup yang bergantung pada inang ini membuat virus bersifat parasit.

KESIMPULAN

Klaim mengenai penyakit cacar monyet sama dengan kusta adalah Salah. Faktanya cacar monyet dengan kusta adalah dari sumbernya. Penyakit Kusta disebabkan oleh bakteri, sedangkan cacar monyet disebabkan oleh virus.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/09/171700882/cek-fakta--apakah-cacar-monyet-sama-dengan-kusta-?page=1