[HOAKS] - CAIRAN BATANG PISANG EFEKTIF OBATI PENYAKIT LAMBUNG DAN ATASI KERONTOKAN RAMBUT MANUSIA

Share :        
Kamis, 02 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan di Facebook berisikan informasi yang menyatakan bahwa cairan batang pisang bisa digunakan menjadi obat lambung dan kerontokan rambut.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut keliru. Diketahui bahwa isu cairan batang pisang untuk obat lambung berasal dari Thailand. Dilansir dari turnbackhoax.id, Pakar Kesehatan Thailand mengatakan tidak ada bukti bahwa meminum cairan yang dapat diekstrak dari pohon pisang dapat menyembuhkan asam lambung.

“Ini sepertinya rumor yang tidak berdasar,” kata Bussaraporn Thanasilungkoon, petugas teknis senior di Departemen Pengobatan Tradisional dan Alternatif Thailand kementerian kesehatan, yang mengawasi penelitian penggunaan obat herbal tradisional.

“Tidak ada penelitian di bawah pengobatan tradisional Thailand yang menyatakan bahwa air pisang mengobati refluks asam,” katanya

Senada dengan itu, dilansir dari kompas.com, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania, MSI menjelaskan, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan khasiat cairan batang pisang sebagai obat penyakti lambung. "Dan belum ada penelitiannya juga. Jadi sampai saat ini info tersebut tidak benar," ujar Inggrid.

Inggrid menyarankan agar mereka yang memiliki penyakit lambung untuk tidak meminum cairan batang pisang dengan sembarangan. "Kalau untuk obat lambung tak dianjurkan diminum karena risiko efek samping karena cairan batang pisang yang tidak steril," ucapnya. 

Sementara, terkait penelitian cairan batang sebagai obat untuk kerontokan rambut, memang pernah dilakukan tetapi baru pada rambut kelinci. "Kalau untuk obat rambut rontok juga belum diteliti pada manusia. Pernah diteliti pada rambut kelinci, hasilnya bisa menambah kesuburan rambut," kata Inggrid.

Nonthalert Lertnitikul, seorang profesor di Departemen Farmakognosi dan Botani Farmasi Universitas Chulalongkorn, juga mengatakan kepada AFP bahwa cairan yang diekstraksi dari pohon pisang “tidak higienis” dan “tidak boleh dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit apa pun”.

Dia mengatakan cairan yang diekstraksi dari pohon pisang terdiri dari air, karet pisang dan zat lain yang terkontaminasi seperti kuman dan debu.

KESIMPULAN

Klaim bahwa cairan batang pisang dapat menjadi obat lambung dan kerontokan rambut adalah keliru. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang terkait cairan batang pisang menjadi obat lambung. Adapun, klaim batang pisang bisa menjadi obat kerontokan rambut juga belum diujikan kepada manusia sehingga belum terbukti kebenarannya.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://turnbackhoax.id/2022/05/27/salah-meminum-cairan-dari-pohon-pisang-dapat-menyembuhkan-asam-lambung/

2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/42184/hoaks-meminum-cairan-dari-pohon-pisang-dapat-menyembuhkan-asam-lambung/0/laporan_isu_hoaks

3. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/31/115100782/-hoaks-cairan-batang-pisang-untuk-obat-lambung-dan-kerontokan-rambut?page=all#page2