[HOAKS] - CILANDAK BARAT - JAKARTA SELATAN TELAH DITETAPKAN SEBAGAI KLASTER ZONA MERAH BARU COVID-19

Share :        
Rabu, 02 Sep 2020

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial bahwa Cilandak Barat - Jakarta Selatan, telah ditetapkan sebagai klaster zona merah baru Covid-19. Warga diimbau agar pertimbangkan dengan bijak jika akan pergi ke pusat komersial, seperti PIM, Citos, dan kawasan bisnis lainnya. Jejak terbaru pasien positif Covid-19, antara lain: Area komersial Kemang, taman perkantoran di TB Simatupang, Senopati al fresco dining, dan Cipete F&B strip.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (02/09/2020), ditegaskan bahwa berita tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Selengkapnya data detail kasus aktif positif Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi corona.jakarta.id pada kategori "Peta Persebaran". Pada laman tersebut juga terdapat pilihan "Download Data Harian di sini (Excel)" yang bila dibuka maka akan terhubung pada link https://riwayat-file-covid-19-dki-jakarta-jakartagis.hub.arcgis.com/, yang menyajikan "Riwayat File Covid-19 DKI Jakarta" dan dapat diunduh dalam bentuk rekap file excel harian.

KESIMPULAN
Informasi bahwa Cilandak Barat - Jakarta Selatan, telah ditetapkan sebagai klaster zona merah baru Covid-19, adalah tidak benar. Selengkapnya data detail kasus aktif positif Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi corona.jakarta.id pada kategori "Peta Persebaran".

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta