[HOAKS] - CORONA VIRUS DALAM BAHASA LATIN BERARTI VIRUS SERANGAN JANTUNG

Share :        
Selasa, 17 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar postingan tangkapan layar di Facebook yang menampilkan penerjemahan kata Corona Virus menggunakan Google Translate dalam bahasa Latin berarti virus serangan jantung.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui klaim tersebut tidak benar. Diketahui penulisan “corona virus” atau virus korona dalam tangkapan layar tidak benar. Hal itu menyebabkan penerjemahan pada Google Translate dapat berubah. Pemenggalan menjadi tiga kata, yakni “cor”, “ona”, dan “virus” menyebabkan pengartian berubah.

Dilansir dari kompas.com, mengacu kepada penjelasan kamus daring merriam-webster.com, terjemahan bahasa latin “cor” ialah hati. Kata itu kemudian berkembang, lalu digunakan untuk istilah lainnya, seperti "cordial" yang berkaitan dengan masalah hati dan "coronary" yang berkaitan dengan kondisi jantung. Bila ditulis secara benar “corona virus” dalam bahasa Latin ke Inggris maka artinya “corona virus” dan bila ke Latin ke Indonesia maka artinya “virus corona.”

Dengan demikian, pengartian dalam tangkapan layar tersebut tidak valid lantaran terbaca oleh sistem Google Translate menjadi tiga kata, bukan satu kata utuh corona virus. Lalu, mengacu kepada catatan dari Universitas Johns Hopkins, Covid-19 utamanya menyerang pernapasan atau paru-paru, tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit akibat virus corona itu dapat menyerang jantung. 

Beberapa faktornya yakni pasien mengalami kekurangan oksigen, infeksi yang berujung kardiomiopati, atau terjadi miokarditis (radang jantung). Dari penjelasan itu maka dapat dikatakan bahwa klaim pada postingan tangkapan layar yang beredar di Facebook tidak benar.

KESIMPULAN

Postingan tangkapan layar yang menampilkan arti dari corona virus sebagai virus serangan jantung adalah tidak benar. Faktanya, penulisan dalam tangkapan layar tersebut diketahui keliru lantaran terdapat spasi antar suku katanya, sehingga terbaca oleh Google Translate sebagai tiga kata yang perlu diartikan. Oleh sebab itu, artinya berubah dari yang semestinya.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/13/175900782/-hoaks-arti-virus-corona-adalah-virus-serangan-jantung?page=all#page2

2. https://www.merriam-webster.com/words-at-play/cordial-coronary-heart-word-origin#:~:text=The%20Latin%20noun%20cor%2C%20meaning%20%22heart%2C%22

3. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/heart-problems-after-covid19

4. https://fullfact.org/online/coronavirus-latin-translation/

5. https://translate.google.co.id/?hl=id&sl=la&tl=en&text=coronavirus&op=translate

6. https://translate.google.co.id/?hl=id&sl=la&tl=id&text=corona%20virus&op=translate