[HOAKS] - DAFTAR NOMOR TELEPON ASING YANG BISA MEMBAJAK DATA PONSEL

Share :        
Jumat, 24 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar postingan Facebook berisi imbauan untuk berhati-hati ketika menerima telepon dari sejumlah nomor telepon luar negeri. Dalam imbauan tersebut dikatakan bahwa ketika menerima telepon dari nomor tersebut maka data di ponsel akan disalin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Informasi tersebut sudah pernah diperiksa faktanya oleh Tim Jalahoaks pada 24 September 2021 dengan judul “[HOAKS] - KLAIM NOMOR TELEPON LUAR NEGERI MAMPU MENYALIN SELURUH DATA KONTAK PONSEL.”

Dilansir dari turnbackhoax.id (22/06/2022), telepon yang berasal dari nomor-nomor luar negeri tersebut hanya berupa scam yang hanya memanfaatkan rasa penasaran seseorang untuk menelepon balik sehingga secara tak sadar ia terkena biaya telepon internasional. Selain itu, ada pula modusnya yang disambungkan ke layanan premium dari produk tertentu. Namun, hal tersebut tidak dapat menyalin data yang ada di dalam ponsel.

Penyalinan data dari ponsel hanya mungkin dilakukan apabila ponsel diretas dan melalui instalasi aplikasi atau cara sejenisnya. Hingga saat ini belum ada metode menyalin data seseorang hanya melalui metode panggilan telepon.

Dilansir dari snopes.com (25/10/2012), melakukan pemanggilan ke nomor dengan kode negara yang telah beredar itu tidak menjadi masalah, bila mengetahui siapa yang akan hubungi. Semua peringatan mengenai penipuan seperti klaim tersebut dan skema serupa hanya berlaku untuk permintaan menghubungi entitas yang tidak dikenal.

KESIMPULAN
Informasi tentang menerima telepon dari nomor luar negeri dapat menyalin data dari ponsel, adalah tidak benar. Faktanya, untuk dapat menyalin data dari ponsel seseorang sampai saat ini hanya melalui sistem peretasan dan aplikasi tertentu. Hingga kini belum ada metode penyalinan data melalui panggilan telepon saja. Imbauan yang beredar itu masuk juga ke dalam hoaks lama yang bersemi kembali atau hoaks berulang.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Klaim-Nomor-Telepon-Luar-Negeri-Mampu-Menyalin-Seluruh-Data-Kontak-Ponsel
2. https://turnbackhoax.id/2022/06/22/salah-beberapa-nomor-telepon-luar-negeri-yang-bisa-menyalin-data-di-hp/
3. https://www.snopes.com/fact-check/one-ring-scam/