[HOAKS] - DEMONSTRASI MAHASISWA TUNTUT PRESIDEN JOKOWI MUNDUR KARENA KENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI

Share :        
Kamis, 22 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan video di Twitter yang diklaim sebagai video aksi demonstrasi mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo mundur terkait kenaikan harga BBM bersubsidi pada 2022 di Jakarta.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dilansir dari medcom.id diketahui bahwa peristiwa dalam video tersebut tidak terjadi di tahun 2022 melainkan kejadian aksi demonstrasi mahasiswa pada tahun 2019. Diketahui pula bahwa video tersebut masuk ke dalam hoaks daur ulang.

Adapun, diketahui pula lokasi demonstrasi tersebut tidak terjadi di DKI Jakarta, melainkan di Palembang. Hal itu, mengacu kepada laporan medcom.id, lokasi peristiwa ada di seberang seberang Bank BCA dan Plasa Telkom Palembang, Jalan Kapten A. Rivai , Palembang.

Aksi tersebut terjadi pada 24 September 2019 dengan mengusung sejumlah persoalan, yakni soal rancangan undang-undang atau RUU yang bermasalah seperti Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Pemasyarakatan, UU KPK yang baru dan RUU Ketenagakerjaan.

KESIMPULAN

Klaim video merupakan aksi demonstrasi mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo turun karena naiknya harga BBM bersubsidi pada 2022 di Jakarta tidak benar. Faktanya, video itu merupakan video pada tahun 2019 ketika terjadi aksi demonstrasi mahasiswa di Palembang, Sumatera Selatan. Adapun, aksi tersebut bukan mengenai BBM Bersubsidi melainkan soal rancangan undang-undang atau RUU yang bermasalah seperti Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Pemasyarakatan, UU KPK yang baru dan RUU Ketenagakerjaan.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Rb1pGlzN-cek-fakta-video-mahasiswa-unjuk-rasa-di-jakarta-soal-kenaikan-harga-bbm-bersubsidi-dan-minta-jokowi-mundur-ini-faktanya

2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2X2MvK-viral-video-mahasiswa-unjuk-rasa-tuntut-jokowi-mundur-di-tengah-pandemi

3. https://tirto.id/gelombang-demo-mahasiswa-dari-palembang-semarang-solo-dan-medan-eiDY