[HOAKS] - DIRJEN WHO AKHIRNYA TERTANGKAP INTERPOL KARENA TERBUKTI MELAKUKAN GENOSIDA

Share :        
Selasa, 09 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah artikel di media sosial Facebook yang diklaim berisi tentang informasi bahwa Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus ditangkap interpol karena kejahatan kemanusiaan dan genosida.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita liputan6.com (04/08/2022) bahwa artikel yang beredar berjudul "WHO director arrested for crimes against humanity, the WEF may be next" tayang di vancouvertimes.org pada 24 Juli 2022.

Dalam artikel asli terdapat penjelasan bahwa itu merupakan artikel satir atau komedi.

Vancouvertimes.org juga menambahkan keterangan bahwa Pejabat Kesehatan menyebut bahwa vaksin aman dan efektif. Mereka juga memberikan link pada laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC.org.

Vancouvertimes sendiri dalam kolom 'Tentang Kami" di websitenya telah menyebutkan bahwa mereka adalah sumber paling terpercaya untuk artikel satir di West Coast.

"Kami menulis cerita satir tentang isu-isu yang mempengaruhi kaum konservatif. Kami tidak berafiliasi dengan media arus utama (CBC, CTV, dll.) dengan cara apa pun, dan kesamaan apa pun antara konten kami dan karya MSM adalah murni kebetulan."

Selain itu, dalam website organisasi berita global independen AP News apnews.com (27/07/2022) telah diinformasikan bahwa WHO mengkonfirmasi dalam email bahwa klaim yang beredar adalah salah, dan pencarian di internet tidak menemukan pelaporan yang sah untuk menunjukkan bahwa direktur jenderal itu ditangkap.

Selain menargetkan WHO, yang telah menjadi subyek dari banyak klaim tak berdasar selama pandemi COVID-19, artikel satir itu menggemakan teori konspirasi palsu yang sudah dikenal bahwa pandemi itu direncanakan.

KESIMPULAN

Informasi tentang Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus ditangkap interpol karena kejahatan kemanusiaan dan genosida, adalah tidak benar. Faktanya, artikel asli yang beredar terdapat penjelasan bahwa itu merupakan artikel satir atau komedi.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire or Parodi)

Sumber Fakta :

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5033375/cek-fakta-tidak-benar-direktur-jenderal-who-ditangkap-interpol-karena-kejahatan-kemanusiaan

2. https://apnews.com/article/fact-check-who-director-satirical-article-259737393039

3. https://m.rri.co.id/humaniora/info-publik/1568207/cek-fakta-direktur-jenderal-who-ditangkap-interpol