Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - DPR RI RESMI MAKZULKAN PRESIDEN JOKO WIDODO


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)
Senin, 17 Jul 2023

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di Youtube yang mengklaim bahwa DPR RI telah resmi memakzukan Presiden Joko Widodo.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui jika informasi tersebut keliru. Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube bernama SNIPER POLITIK pada tanggal 4 Juli 2023 dengan judul "KETUA DPR KETOK PALU || SAHKAN PEM?KZULAN REZIM IMBAS BIKIN NEGRI AMBUR?DUL". Namun, dalam video berdurasi 8:17 menit tersebut tidak ditemukan informasi yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah resmi dimakzulkan oleh DPR.
Narator dalam video hanya membacakan narasi dari sebuah artikel berjudul "Denny Indrayana: Jokowi Masalah Kita, Wajib Diberhentikan" yang diterbitkan di wartakota.tribunnews.com pada tanggal 25 Juni 2023. Artikel tersebut membahas tentang surat terbuka Denny Idrayana kepada DPR RI yang mengusulkan hak angket untuk memakzulkan Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, judul video dengan isi video tersebut tidak saling berkaitan.

KESIMPULAN

Klaim dalam video yang menyebut bahwa DPR RI telah resmi memakzulkan Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, tidak ditemukan informasi yang menyebutkan DPR RI telah sah memakzulkan Presiden Jokowi. Sampai saat ini, Joko Widodo masih menjabat sebagai Presiden Indonesia.

SUMBER FAKTA:

  1. https://wartakota.tribunnews.com/2023/06/25/denny-indrayana-jokowi-masalah-kita-wajib-diberhentikan

Bagikan: