[HOAKS] - DITOLAK RUMAH SAKIT, IBU HAMIL PESERTA BPJS MELAHIRKAN DI PINGGIR JALAN

Share :        
Kamis, 28 Apr 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan tautan di Facebook dengan thumbnails memperlihatkan ibu hamil tengah melahirkan di pinggir jalan. Ketika tautan tersebut dibuka maka mengarahkan ke sebuah artikel dengan klaim menyatakan ada pasien ditolak di rumah sakit karena menggunakan BPJS Kesehatan dan terpaksa melahirkan di pinggir jalan.

PENJELASAN 

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa postingan tersebut tidak benar. Diketahui bahwa isi artikel tersebut merupakan kejadian yang terjadi di India dan tidak ada kaitannya dengan penggunaan BPJS Kesehatan. Hal itu diketahui dari isi artikel sama persis dengan artikel dari suara.com berjudul “Ditolak Rumah Sakit, Seorang Wanita Terpaksa Melahirkan di Pinggir Jalan” yang tayang pada 19 Juli 2020.

Sedangkan, foto thumbnails tautan tersebut diketahui berasal dari dilansir dari kompas.com, foto yang digunakan sebagai thumbnails tautan itu pernah diunggah di forum daring KasKus pada 14 September 2016. Diketahui bahwa foto tersebut terkait peristiwa yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

Masih mengacu kepada laporan kompas.com, pemberitaan terkait seorang ibu melahirkan di pinggir jalan yang terjadi di Malang, Jawa Timur ada pada artikel berjudul “Heboh, Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan” yang tayang pada 13 September 2016 di surabaya.tribunnews.com. Dari artikel itu diketahui bahwa ibu melahirkan di pinggir jalan bukan karena pengguna BPJS Kesehatan dan ditolak oleh rumah sakit melainkan si ibu sudah waktunya melahirkan namun belum sampai di rumah sakit.

KESIMPULAN

Postingan tautan di Facebook dengan klaim pasien BPJS ditolak melahirkan di rumah sakit adalah tidak benar. Faktanya, kejadian pasien ditolak di rumah sakit dalam tautan tersebut terjadi di India dan tidak ada kaitannya dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, gambar pada thumbnails artikel tersebut berasal dari peristiwa seorang ibu melahirkan di pinggir jalan sebelum sampai ke rumah sakit pada September 2016.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/27/085100482/-hoaks-pengguna-bpjs-kesehatan-melahirkan-di-pinggir-jalan-setelah?page=all#page2

2. https://www.suara.com/news/2020/07/19/141226/ditolak-rumah-sakit-seorang-wanita-terpaksa-melahirkan-di-pinggir-jalan?utm_source=LINE&utm_medium=News

3. https://surabaya.tribunnews.com/2016/09/13/heboh-seorang-ibu-melahirkan-di-pinggir-jalan?page=all