[HOAKS] - DUA IKAN BERBADAN MANUSIA SEPERTI ANAK PUTRI DUYUNG

Share :        
Jumat, 12 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang memuat sebuah video tentang dua ikan dengan badan manusia seperti anak putri duyung.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui klaim penampakan anak putri duyung dalam video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com (10/08/2022), video tersebut indentik dengan video yang diunggah oleh akun instagram @makeupknob dengan akun @torydolls milik Victoria Vihareva-Pechenkina sebagai pemilik kredit dari video tersebut.

Diketahui, Victoria adalah seniman boneka silikon yang berdomisili di St.Petersburg, Rusia. Pada 21 Juli 2021 melalui akun Instagramnya, ia menjelaskan bahwa dua ikan dengan badan manusia merupakan boneka yang terbuat dari silikon yang akan dia pamerkan di sebuah acara pameran fesyen di London, Inggris.

KESIMPULAN
Informasi tentang video yang diklaim merupakan penampakan anak putri duyung, adalah tidak benar. Faktanya, sosok dalam video tersebut adalah boneka yang terbuat dari silikon milik seniman boneka asal Rusia bernama Victoria.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/10/190900482/-hoaks-dua-ikan-berbadan-manusia?page=all
2. https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/5038341/cek-fakta-tidak-benar-video-penampakan-anak-putri-duyung