[HOAKS] - EKSTRAK BUAH NANAS BISA DIJADIKAN OBAT COVID-19

Share :        
Selasa, 30 Mar 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa ekstrak buah nanas bisa menjadi salah satu solusi untuk pengobatan Covid-19.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, isu tersebut telah diklarifikasi dalam laporan isu hoaks Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (29/03/2021), dengan judul "[HOAKS] Ekstrak Nanas Bisa Dijadikan Obat Corona."

Selain itu telah dilaporkan dalam kumparan.com (26/03/2021), ditemukan informasi bahwa foto yang digunakan dalam unggahan tersebut berasal dari saluran berita Australia 7News yang ditayangkan pada 18 Agustus 2020 di YouTube, sedangkan ilmuwan yang disebut dalam unggahan soal ekstrak nanas bisa mengobati corona adalah Profesor David Morris. 
 
Kepada AFP, Morris membantah unggahan yang beredar. Ia menegaskan minum nanas tidak akan menyembuhkan seseorang dari penyakit corona. Pihaknya tidak pernah menganjurkan untuk minum nanas. 

“Kami mempelajari efek bromelain, yang berasal dari batang tanaman nanas bersama dengan asetilsistein. Obat kombinasi, kami menyebut kombinasi tersebut sebagai BromAc," ujar Morris kepada AFP. 
 
"Tidak ada agen (bromelain saja atau asetilsistein) yang efektif sendiri," tegasnya. 
 
Jadi, tak benar minum ekstrak nanas bisa mengobati virus corona. Sebab, ekstrak tersebut harus dikombinasikan dengan zat lainnya. 

KESIMPULAN
Informasi yang menyebutkan bahwa ekstrak buah nanas bisa menjadi salah satu solusi untuk pengobatan Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, Profesor David Morris telah membantah informasi tersebut dan menegaskan minum nanas tidak akan menyembuhkan seseorang dari penyakit corona. 

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://kabar.sanggau.go.id/wp-content/uploads/2021/03/Laporan-Isu-Hoax-Harian-Direktorat-Pengendalian-Aplikasi-Informatika-Direktorat-Jenderal-Informatika-Senin-29-Maret-2021.pdf
2. https://factcheck.afp.com/facebook-posts-touting-pineapple-drinks-misrepresent-research-potential-covid-19-treatment
3. https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-klaim-ekstrak-nanas-bisa-dijadikan-obat-corona-1vQcBriQg2x/full
4. https://cekfakta.com/focus/6600
5. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzZ750b-cek-fakta-meminum-ekstrak-buah-nanas-bisa-menjadi-obat-covid-19-cek-faktanya