[HOAKS] - ES KRIM WALLS MAGNUM MENGANDUNG BABI

Share :        
Rabu, 08 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook yang menyatakan bahwa es krim Walls Magnum mengandung unsur babi di dalamnya.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa konten tersebut tidak benar. Isu tersebut sudah pernah diklarifikasi oleh pihak PT Unilever selaku pihak yang memproduksi berbagai macam produk es krim Walls pada tahun 2016 melalui laman resminya di www.unilever.co.id.

Pada klarifikasinya, PT Unilever menyatakan bahwa semua produk Walls yang dipasarkan di Indonesia termasuk Magnum, adalah halal dan telah memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, Magnum bersama produk es krim Walls lainnya juga berhasil meraih penghargaan Halal Top Brand 2015 Kategori Es Krim di ajang Halal Award 2015.

Dilansir dari kompas.com (07/06/2022), Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, Amalia Sarah Santi menyatakan bahwa Wall’s juga berhasil meraih penghargaan Halal Top Brand 2018 dari LPPOM MUI, kategori es krim di ajang Halal Awards 2018. "Kami akan terus menjaga sistem jaminan halal produk-produk kami dari hulu ke hilir," ujarnya.

"Insya Allah penganugerahan Halal Top Brand 2018 ini akan semakin memperkuat kepercayaan dan kesetiaan konsumen untuk mengkonsumsi seluruh produk Walls," kata dia.

Adapun, mengacu ke laman thehalallife.co.uk diketahui bahwa produk es krim Walls Magnum menjelaskan bahwa pengemulsi dalam es krim Magnum seperti E471 (mono dan digliserida asam lemak) berasal dari sumber nabati, dan bukan dari sumber hewani. Kemudian, es krim juga menggunakan whey protein sebagai pengganti enzim rennet yang diambil dari anak sapi. Walls tidak menjamin apakah ada residu atau bagian kecil rennet di dalam Magnum, sehingga es krim itu dipastikan bukan produk vegerarian.

KESIMPULAN
Informasi bahwa es krim Walls Magnum mengandung unsur babi di dalamnya, adalah tidak benar. Faktanya, produk es krim Walls Magnum sudah tersertifikasi halal MUI dan pengemulsi yang digunakan seperti unsur E471 (mono dan digliserida asam lemak) berasal dari sumber nabati, bukan dari sumber hewani.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2016/magnum-es-krim-100-percentage-halal/
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/07/111100582/-hoaks-es-krim-magnum-mengandung-babi?page=all
3.       https://thehalallife.co.uk/products/magnum/