[HOAKS] - FAKTA ILMIAH CDC: KEKEBALAN ALAMI LEBIH KUAT KETIMBANG VAKSIN COVID-19

Share :        
Jumat, 01 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook yang menyatakan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengakui kekebalan alami dari infeksi Covid-19 memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap virus ketimbang vaksin Covid-19.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (06/08/2021), CDC menerbitkan Morbidity and Mortality Weekly Report. Laporan tersebut menyebutkan, vaksin Covid-19 menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada kekebalan alami saja dan bahwa vaksin, bahkan setelah infeksi sebelumnya, membantu mencegah infeksi ulang.

Studi terhadap ratusan penduduk Kentucky, AS yang pernah terinfeksi sebelumnya hingga Juni 2021, menunjukkan bahwa mereka yang tidak divaksinasi memiliki kemungkinan 2,34 kali infeksi ulang dibandingkan dengan mereka yang sudah divaksinasi dosis lengkap. Selain itu, vaksin juga mencegah rawat inap akibat Covid-19 di antara kelompok usia risiko tertinggi.

Direktur CDC, dr. Rochelle Walensky, menganjurkan agar mereka yang pernah terjangkit Covid-19 untuk tetap mendapat vaksinasi.

“Studi ini menunjukkan Anda dua kali lebih mungkin terinfeksi lagi jika Anda tidak divaksinasi. Mendapatkan vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitar Anda, terutama karena varian Delta yang lebih menular menyebar ke seluruh negeri," kata dia.

KESIMPULAN
Informasi bahwa CDC mengakui kekebalan alami lebih baik terhadap Covid-19 ketimbang penggunaan vaksin Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, laporan CDC justru menyebutkan vaksin Covid-19 menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada kekebalan alami saja dan bahwa vaksin dapat membantu mencegah infeksi ulang.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/29/161216882/hoaks-cdc-mengakui-kekebalan-alami-lebih-kuat-dari-vaksin-covid-19?page=all#page2
2. https://www.cdc.gov/media/releases/2021/s0806-vaccination-protection.html