[HOAKS] - FOTO BERSEJARAH SOEKARNO, JENDERAL SOEDIRMAN, DAN AYAHANDA HABIB RIZIEQ SHIHAB

Share :        
Senin, 01 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman, sedang bersama dengan seorang pria yang disebut merupakan ayah dari Habib Rizieq Shihab dan sejarah ini sengaja ditutupi pemerintah Belanda, karena khawatir umat Islam bersatu.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi dari foto yang beredar tersebut tidak benar. Dilansir dari cekfakta.com (04/08/2020), pria yang berdiri di antara Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman bukanlah ayah Habib Rizieq Shihab.

Pria dalam foto tersebut, diketahui bernama Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India untuk Indonesia.

Sementara itu, ayah Habib Rizieq Shihab adalah Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab yang merupakan seorang Betawi keturunan Hadhrami. 

Menurut keterangan pada laman soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id, diketahui bahwa foto tersebut diambil saat Presiden Soekarno bersama Panglima Besar Soedirman meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948. 

KESIMPULAN
Informasi tentang foto Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman bersama seorang pria yang disebut merupakan ayahanda Habib Rizieq Shihab, adalah tidak benar. Faktanya, pria tersebut bernama Mohammad Yunus Khan yakni salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India untuk Indonesia. Sedangkan ayah dari Habib Rizieq Shihab adalah Habib Hussein bin Muhammad Shihab.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://m.kominfo.go.id/content/detail/28361/disinformasi-foto-ayah-habib-rizieq-bersama-soekarno-yang-sengaja-ditutupi-sejarah/0/laporan_isu_hoaks
2. https://cekfakta.com/focus/4540
3. https://soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id/public/citra_listing/detail/52
4. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwjxqxN-foto-ayah-habib-rizieq-bersama-soekarno-yang-sengaja-ditutupi-sejarah
5. https://www.suara.com/news/2021/08/27/131515/cek-fakta-benarkah-foto-ayah-habib-rizieq-bareng-presiden-soekarno-dan-jenderal-sudirman