[HOAKS] - FOTO ANAK KECIL YANG DICULIK UNTUK DIJADIKAN PENGEMIS

Share :        
Kamis, 25 Nov 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook sebuah foto dengan narasi/informasi mengenai anak kecil yang diculik untuk dijadikan pengemis.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id (20/11/2021) bahwa klaim Berita Anak Kecil diculik untuk dijadikan pengemis adalah Salah. 

Gambar serupa juga ditemukan pada salah satu artikel Merdeka.com berjudul “CEK FAKTA:  Hoaks, Kabar Anak Diculik dan Dijadikan Pengemis di Sidoarjo”.  Pada artikel tersebut Kapolsek Buduran Sidoarjo Kompol Samirin menjelaskan bahwa anak yang ada di foto merupakan anak tersesat dan sempat diselamatkan oleh polisi.

Anak yang bernama Hasbi Noval Ramadan tersebut ditemukan warga di jalan Raya Buduran kemudian warga mengantarkan anak tersebut ke Polsek Buduran.

Setelah mendapatkan informasi alamat rumahnya di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Sidoarjo, polisi lalu mengantarkannya pulang. Lebih lanjut Nyoman Dani, neneknya juga menjelaskan bahwa cucunya bukanlah korban penculikan.

KESIMPULAN

Informasi mengenai anak kecil yang diculik untuk dijadikan pengemis adalah tidak benar. Faktanya pihak keluarga juga telah menjelaskan bahwa anak yang difoto bukanlah korban penculikan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://turnbackhoax.id/2021/11/20/salah-gambar-anak-diculik-dan-dijadikan-pengemis/

2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-kabar-anak-diculik-dan-dijadikan-pengemis-di-sidoarjo.html

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4650931/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-sebut-anak-kecil-diculik-dan-dijadikan-pengemis-di-sidoarjo