[HOAKS] - FOTO DOKTER PEMBERI VAKSIN PRESIDEN JOKO WIDODO MENGENAKAN KEMEJA DENGAN LOGO UMBRELLA CORPORATION

Share :        
Kamis, 14 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial foto dokter yang memberikan vaksin kepada Presiden Joko Widodo mengenakan kemeja berlogo Umbrella Corporation

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran melalui Google Image dan Yandex telah banyak ditemukan unggahan foto identik seperti foto yang beredar, namun kemeja  yang ditemukan tidak berlogo Umbrella Corporation tetapi polos.

Terkait logo Umbrella Corporation, dilansir dari laman berita tribunnews.com (07/06/2017), disebutkan bahwa Umbrella Corporation adalah perusahaan farmasi fiksi di Resident Evil. Selain itu, dikutip dari inet.detik.com (28/01/2020), wabah virus corona membuat penggemar game Resident Evil ramai di Twitter. Wabah ini dianggap kejadian nyata dari apa yang terjadi di game survival horor tersebut.

KESIMPULAN

Foto dokter yang memvaksin Presiden Jokowi mengenakan kemeja berlogo Umbrela Corporation, adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan atau suntingan dari foto asli di media sosial Presiden Jokowi. Dalam foto asli tidak ditemukan logo Umbrela Corporation pada kemeja dokter tersebut, hanya kemeja putih polos. Foto tersebut telah dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://tribunnews.com/amp/life>2. https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/sains/read/2021/01/13/183000923/jokowi-divaksin-ahli--laporkan-jika-ada-efek-samping-paska-divaksin-covid
3. https://inet.detik.com/games-news/d-4877060/virus-corona-dan-cocoklogi-game-resident-evil
4. https://mobile.twitter.com/jabarsaberhoaks/status/1224302702617743360