[HOAKS] - FOTO GUBERNUR ANIES BASWEDAN MEMBORONG PAKAIAN DALAM WANITA

Share :        
Selasa, 19 Okt 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial Facebook tentang Gubernur Anies Baswedan sedang berdiri sambil memegang pakaian dalam wanita di depan seorang penjahit, dengan narasi “Kita terlalu fokus ke gatot.. Sampai ngg liat anies mau borong celana dlm cewek.. bakal minta duit lagi nih sama pemerintah.”

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan bahwa foto tersebut adalah hasil editan dari foto asli yang diunggah pada akun Twitter pribadi Gubernur Anies Baswedan @aniesbaswedan (01/05/2020). Pada foto aslinya, Gubernur Anies Baswedan sedang berdiri di depan seorang penjahit sambil memegang sebuah masker kain, bukan memegang pakaian dalam wanita.

Narasi asli pada foto, sebagai berikut:

"20 juta masker kain diproduksi bagi seluruh penduduk Jakarta. Tiap orang dapat 2 masker, gratis. Ini ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk melindungi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kampung-kampung. #dirumahaja #psbbjakarta #yukpakaimasker."

KESIMPULAN
Informasi dalam foto tentang Gubernur Anies Baswedan memborong pakaian dalam wanita, adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan dari foto asli Gubernur Anies Baswedan sedang memegang sebuah masker kain, yang telah dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://twitter.com/aniesbaswedan/status/1256139946261266433?s=20
2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/29870/disinformasi-foto-anies-baswedan-borong-pakaian-dalam-wanita/0/laporan_isu_hoaks
3. https://turnbackhoax.id/2020/10/02/salah-anies-borong-celana-dalam-cewek/