[HOAKS] - FOTO GUBERNUR ANIES BASWEDAN MENJENGUK RIZIEQ SHIHAB YANG POSITIF COVID-19

Share :        
Kamis, 26 Nov 2020

DISINFORMASI
Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menjenguk Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang terbaring di RS karena positif Covid-19, dengan didampingi Ketua Persatuan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif dan dua petugas medis berpakaian APD lengkap.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang beredar tersebut merupakan hasil editan atau suntingan yang menggabungkan 4 foto yang berbeda.

Dilansir dari turnbackhoax.id (24/11/2020), foto Rizieq Shihab yang terbaring tersebut merupakan foto lama yang pernah beredar pada tahun 2016, foto Gubernur Anies Baswedan merupakan foto lama pada April 2017, dan foto Slamet Ma'arif adalah foto lama pada Februari 2020. Sedangkan foto dua petugas medis dengan APD lengkap diambil dari potongan foto yang beredar April 2020.

Penjelasan selengkapnya sebagaimana telah diklarifikasi dalam covid19.go.id (24/11/2020), sebagai berikut:

1. Foto Gubernur Anies Baswedan
Berdasarkan hasil pencarian menggunakan kata kunci “Anies Baswedan menjenguk”, ditemukan foto yang identik dalam artikel berjudul “Anies Baswedan: Novel Sudah Lima Kali Dapat Ancaman” yang dimuat di situs Republika pada Selasa 11 April 2017. Saat itu, Gubernur Anies tengah menjenguk Novel Baswedan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa, 11 April 2017.

2. Foto Rizieq Shihab
Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan kata kunci “Rizieq dirawat”, ditemukan foto yang identik dimuat pada situs infomenia[dot]net dalam artikel berjudul “Saat ini Rizieq Shihab Dirawat di RS Bogor, Ini Penyebabnya”. Artikel ini tayang pada Selasa, 06 Desember 2016. Saat itu, Sekretaris Jenderal DPD FPI Jakarta, Habib Novel Bamukmin, mengatakan Habib Rizieq menjalani perawatan di salah satu RS tak jauh dari pondok pesantren yang dipimpinnya karena kelelahan.

3. Foto dua petugas yang memakai APD
Ditemukan bahwa foto dua petugas tersebut dimuat dalam artikel berjudul “Alasan Seseorang Kerap Menutupi Covid-19 yang Dideritanya…” yang tayang di situs Kompas pada 30 April 2020. Di keterangannya, tertulis “Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19 (Shutterstock/Kobkit Chamchod).” Berdasarkan keterangan tersebut, dari penelusuran pada situs shutterstock.com ditemukan fakta bahwa foto tersebut diunggah oleh Kobkit Chamchod dengan narasi: “Doctors in the protective suits and masks are examining the infected aging female patient in the control area.

4. Foto Slamet Ma'arif
Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan kata kunci “Slamet Maarif Ketua PA 212”, ditemukan foto yang identik dimuat dalam artikel berjudul “Rumahnya Dilempari Batu, Slamet Maarif: Aksi 212 Tetap Dilaksanakan” yang tayang di situs Okezone pada Selasa, 18 Februari 2020.

KESIMPULAN
Informasi tentang foto yang memperlihatkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menjenguk Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang terbaring di RS karena positif Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan atau suntingan dari gabungan 4 foto lama yang berbeda yang dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-foto-viral-beredar-foto-anies-jenguk-rizieq-yang-positif-covid-19
2. https://turnbackhoax.id/2020/11/24/salah-foto-viral-beredar-foto-anies-jenguk-rizieq-yang-positif-covid-19/
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-anies-baswedan-jenguk-rizieq-syihab-yang-positif-covid-19.html